Panen Raya di Dolokmasihul, Bupati Sergai Harapkan Komoditi Hortikultura Dapat Meningkat


266 view
Panen Raya di Dolokmasihul, Bupati Sergai Harapkan Komoditi Hortikultura Dapat Meningkat
Foto Dok/Diskominfo Sergai
PANEN RAYA : Bupati Sergai H Darma Wijaya (2 kiri) didampingi Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumut Bahruddin Siregar, Kadis Pertanian Sergai Dedi Iskandar dan para petani melakukan panen raya perdana komoditi bawang merah dan cabai merah di Desa Kerapuh, Kecamatan Dolokmasihul, Kamis (6/1).
Sergai (SIB)
Bupati Serdangbedagai (Sergai) H Darma Wijaya mengharapkan hasil komoditi hortikultura seperti bawang merah dan cabai merah dapat terus meningkat di daerah ini. Sebab, pembangunan pertanian subsektor hortikultura memiliki peran penting dalam mewujudkan stabilitas nasional, sehingga harus dilanjutkan secara berkelanjutan.

Demikian disampaikan Bupati Darma Wijaya ketika menghadiri panen raya perdana komoditi bawang merah dan cabai merah di Desa Kerapuh, Kecamatan Dolokmasihul, Kamis (6/1).

Bupati Darma Wijaya meyakini, stabilitas nasional memang sangat erat kaitannya dengan kecukupan dan ketersediaan stok di pasar, terutama komoditi bawang merah dan cabai merah bagi masyarakat.

Pada rencana kerja pertanian, lanjut bupati, peningkatan produksi komoditi hortikultura termasuk salah satu hal yang prioritas. Mengingat, jumlah penduduk semakin bertambah, tentu dibarengi kebutuhan yang semakin meningkat pula. Sementara, tantangan yang dihadapi semakin sulit. Mulai dari harga benih, pupuk dan harga pestisida yang belakangan ini kian melonjak.

"Serdangbedagai merupakan daerah lumbung beras kedua setelah Deliserdang di Provinsi Sumut. Namun, untuk komoditi hortikultura, kita harus berusaha keras mengejar peningkatan produksi. Dinas Pertanian diminta agar melaksanakan program dan upaya-upaya peningkatan tidak hanya pada sisi produksi tetapi juga produktivitas tanaman hortikultura.

Kepada Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumut Bahruddin Siregar yang turut hadir pada panen raya tersebut, Darma Wijaya juga mengapresiasi dan berterimakasih atas bimbingan, pembinaan dan bantuan yang telah disalurkan selama ini. (C4/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com