Temu Muka Bersama Masyarakat Sinar Naga Mariah Simalungun

Pangkostrad : Danau Toba Dibangun Dunia akan Terbangun

* Investor Niat Bangun Lapangan Golf Tersulit di Dunia

671 view
Pangkostrad : Danau Toba Dibangun Dunia akan Terbangun
SIB/Mey Hendika Girsang
BERBINCANG: Pangkostrad Letjen TNI Edi Rahmayadi berbincang bersama Pj Bupati Simalungun Binsar Situmorang dan DR JR Saragih SH MM tentang Danau Toba, Jumat (12/2). Mereka sama-sama sepakat mendukung pembangunan kawasan Danau Toba menjadi daerah wisata be
Simalungun (SIB)- Sejarah terbentuknya Danau Toba setelah terjadinya letusan Gunung Toba. Pada saat itu dunia gempar lantaran berkisar 700 ribu penduduk dunia meninggal akibat letusan gunung tersebut. Hal inilah membuat Danau Toba menjadi sejarah dunia.

“Karena inilah dulu (letusan Gunung Toba-red) membuat gempar dunia. Jadi kalau Danau Toba ini dibangun, maka dunia akan terbangun. Karena Danau Toba adalah sejarah dunia,” kata Pangkostrad Letjen TNI Edi Rahmayadi.

Dia mengatakan hal itu ketika menghadiri pesta syukuran dan temu muka dengan  masyarakat Sinar Naga Mariah Kecamatan Pematang Silimahuta Kabupaten Simalungun dalam rangkaian pembangunan kawasan  Wisata Sipiso-piso Resort gagasan Haposan Silalahi yang merancang pembangunan lapangan golf di daerah Sipiso-piso, Jumat (12/2) di Huta Hoppoan.

Hadir DR JR Saragih SH MM, Pj Bupati Simalungun Binsar Situmorang, Danrem 022/PT Kol Inf Toto Nuryanto, Danrem 023/KS Kol Inf Fachri, Kasdim Mayor Inf Adi Sutrisno, Dandim 0205/TK Inf Agustetius Sitepu, Dandim 0207/SM Letkol Inf Oni Kristoyono, Dandenpom Pematangsiantar Mayor CPM Sutrisno, para asisten Korem I/BB dan Kasi Korem 022/PT dan investor Ricky Sutanto.

Turut juga Camat Pematang Silimahuta Pendi Raya Girsang, Camat Silimakuta Lamat Ludin Purba, Kapolsek Saribudolok AKP B Manurung SH, Danramil Saribudolok Kapt CZI Alex Syahrial, Ormas FKPPI dan PP, para pangulu dan undangan lainnya.

Pangkostrad mengatakan, tidak ada daerah yang mengalahkan keindahan Danau Toba. Menurutnya, danau ini adalah surga yang diturunkan Tuhan Yang Maha Esa ke Indonesia. Jadi kalau sudah terbangun semua fasilitas-fasilitas untuk kepentingan manusia di sekitar Danau Toba, maka dunia juga akan terbangun.

“Banyaknya manusia di dunia kan bisa membuat stress. Nah, kalau Danau Toba sudah dibangun dengan kelengkapan fasilitas, maka manusia akan datang ke danau ini bisa menjadi fresh dan sehat,” kata dia seraya mengatakan, tidak ada yang boleh merusak Danau Toba.

Terbangunnya Danau Toba juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya yang berada di pesisir danau, karena masyarakat dunia yang berkunjung ke danau ini akan meninggalkan uang di daerah tersebut.

Pj Bupati Simalungun Binsar Situmorang juga mendukung pembangunan kawasan Danau Toba karena merupakan harapan Indonesia yang harus dikembangkan bersama-sama. Dalam kesempatan itu, dia mengajak seluruh masyarakat se-kawasan Danau Toba untuk mendukung, supaya pembangunan danau ini cepat terealisasi.

LAPANGAN GOLF
Untuk menjadikan Danau Toba sebagai kawasan pariwisata dunia, investor Ricky Sutanto berniat membangun lapangan golf tersulit di dunia di Dusun Hoppoan tersebut. Langkah ini dilakukannya agar mata dunia tertuju ke daerah Danau Toba.

“Kalau kita buat lapangan golf yang terbesar ataupun yang terindah di sekitar Danau Toba ini, itu hal biasa. Tapi kita buat yang tersulit karena berkisar 150 juta orang pemain golf di dunia, suka yang paling sulit atau suka tantangan. Jadi mereka akan datang ke sini,” katanya.

Selain membangun lapangan golf, dia juga berniat membangun tempat ibadah terbesar di dunia di sekitar Danau Toba ini. Untuk itu dia berharap kepada masyarakat Simalungun untuk bersatu mendukung pembangunan Danau Toba.

“Karena kalau Danau Toba terbangun, Simalungun akan terbangun, Simalungun terbangun maka Sumatera Utara ikut terbangun. Kalau Sumut sudah terbangun maka Indonesia akan terbangun. Nah, jika Indonesia terbangun maka Asia juga akan terbangun. Kalau hal ini sudah dibangun, maka dunia ikut terbangun. Artinya, dari Danau Toba membangun dunia,” katanya.

Sementara itu, Calon Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM sangat mengapresiasi kemauan investor untuk membangun kawasan objek pariwisata Sipiso-piso bertaraf internasional. Bila kelak dia sudah dilantik menjadi Bupati Simalungun akan siap mendukung investor dalam memajukan Danau Toba dan Kabupaten Simalungun. Hal ini dikatakannya, karena objek wisata menjadi andalan dalam mendongkrak PAD. (C09/C05/ r)


Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com