Pangulu Aksi Damai di Kantor Bupati Simalungun Tuntut Pilpanag 2022


235 view
Pangulu Aksi Damai di Kantor Bupati Simalungun Tuntut Pilpanag 2022
(Foto: harianSIB.com/Jheslin M Girsang)
TERIMA USULAN: Kepala DPMPN Simalungun Jonni Saragih (kanan) menerima berkas terkait nama-nama hasil musyawarah desa yang diusulkan menjadi Pjs pangulu saat aksi damai di Kantor Bupati Simalungun, Kamis (4/8).

Simalungun (SIB)

Puluhan pangulu (kepala desa) dan maujana nagori melakukan aksi damai di Kantor Bupati Simalungun, Kamis (4/8), menuntut pelaksanaan pemilihan kepala nagori (Pilpanag) atau pemilihan kepala desa tahun 2022.

Massa bergerak berjalan kaki mulai dari Hapoltakan menuju Kantor Bupati Simalungun. Selain berorasi, dibentangkan juga sejumlah spanduk berukuran cukup besar.

Spanduk tersebut di antaranya bertuliskan, harus dilaksanakan Pilpanag tahun 2022 dan segera mulai tahapan.

Terpampang pula, bila tidak dijadwalkan (tahapan Pilpanag), maka menolak "Pjs" (pejabat sementara pangulu) dari Pegawai Negeri Sipil. Penunjukan Pjs pangulu diminta berdasarkan usulan maujana hasil musyawarah nagori (desa).

"Kami sangat berharap kepada Bupati Simalungun agar menghunjuk penjabat (sementara) kepala desa dari hasil musyawarah nagori," kata koordinator aksi, Martua Simarmata, seperti dilansir dari harianSIB.com.

Martua Simarmata diketahui masih menjabat Pangulu Rambung Merah. Aksi damai, katanya, tidak ada tujuan untuk memperburuk suasana di Simalungun.

Tapi, sebagai wadah penyampaian aspirasi dari pedesaan agar mendapat atensi dari Pemkab Simalungun.

Menurutnya, ada 248 orang hasil musyawarah nagori yang diusulkan menjadi Pjs pangulu. Bahkan, sebagian nama Pjs sudah diusulkan sebelumnya ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagori (DPMPN).

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagori (DPMPN) Pemkab Simalungun, Jonni Saragih mengapresiasi seluruh aspirasi yang disampaikan pangulu dan maujana nagori.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com