Pangulu Diminta Jangan Hanya Andalkan DD Membangun Desa


203 view
Pangulu Diminta Jangan Hanya Andalkan DD Membangun Desa
Net/harianSIB.com
Ilustrasi Dana Desa (DD).

Simalungun (SIB)

Pangulu (kepala desa) di Kabupaten Simalungun diminta jangan hanya mengandalkan Dana Desa (DD) untuk membangun desa. Diharapkan memiliki inovasi dan kreatifitas dalam menggali potensi desa.



"Pangulu beserta perangkatnya diharapkan mampu menggali dan mengangkat potensi yang ada di desa, sehingga dapat memajukan dan mensejahterakan desa," kata seorang Pemuda Silimakuta Harry Saragih, Kamis (9/6).



Menurutnya, jika para Pangulu dan perangkatnya hanya berpatokan dari dana desa saja untuk membangun desa, wilayah desa lambat berkembang. Namun diharapkan memiliki kreatifitas dalam menggali potensi-potensi yang ada di desa dengan cara swadaya atau bergotong-royong.



"Saya rasa setiap desa memiliki potensi masing-masing yang bisa dikembangkan. Potensi itulah yang terus digali dengan melibatkan masyarakat. Pasti membuahkan hasil siginifikan terhadap kesejahteraan desa," katanya.



Disebut, untuk menggali potensi itu, Pemkab juga diharap memberi fasilitas. Namun, harus ada dulu pergerakan dari desa secara nyata dan memiliki prospek menjanjikan. Jangan hanya bersifat seremoni.



"Artinya, ketika Pangulu beserta perangkat dan masyarakatnya sudah menggali potensi di desanya, baru ada pendampingan dari Pemda ataupun dari pihak swasta, agar potensi itu benar-benar dikelola dengan baik dan tepat sasaran," kata Harry.



Karena itu, dia berharap kepada Pangulu dan perangkatnya memiliki gagasan inovasi dalam membangun desa. Jangan hanya mengandalkan dana desa, karena anggaran itu terbatas.



"Kalau tetap hanya mengandalkan dana desa, maka desa-desa di Simalungun lambat untuk maju. Lagi pula, kalau dana sudah disediakan, siapa pun bisa membangun. Karena itu, dibutuhkan Pangulu yang cerdas, kreatif dan berwawasan luas," ucapnya. (D5/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com