Parlindungan Purba Beri Motivasi Para Pelaku UMKM se-Kawasan Danau Toba di Parapat


281 view
Parlindungan Purba Beri Motivasi Para Pelaku UMKM se-Kawasan Danau Toba di Parapat
(Foto: SIB/Linggom Parhusip)
MOTIVASI: Parlindungan Purba memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM se-kawasan Danau Toba, di Atasari Hotel, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Jumat (8/4/2022). 

Parapat (harianSIB.com)

Parlidungan Purba memberikan motivasi kepada puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) se-kawasan Danau Toba, di Atsari Hotel Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Simalungun, Jumat (8/4/2022).


Parlindungan Purba yang saat ini menjabat sebagai Penasehat Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut menyampaikan para pelaku UMKM layak dimotivasi, karena sesuai Instruksi Presiden No 2 Tahun 2020 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk UMKM untuk menyukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia.


"Kita mendukung para pelaku UMKM di kawasan Danau Toba agar mengambil peluang ini dan berinovasi meningkatkan mutu, kemasan produk dan lainnya. Sehingga produk layak dipasarkan dalam negeri sesuai arahan Inpres No 2 Tahun 2022 dan kalau bisa diekspor ke luar negeri," ujar Parlindungan seperti dilaporkan jurnalis Koran SIB Linggom Parhusip.


Parlindungan menyarankan para pelaku usaha membuat koperasi UMKM untuk mempermudah pemasaran produk dan mendapatkan berbagai bantuan dari pemerintah dalam mendukung pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk UMKM.


Kata Parlindungan, dirinya juga telah berdiskusi dengan Direktur Badan Pengembangan Otorita Danau Toba (BPODT) Jimmi Panjaitan, agar memberikan peluang bagi pelaku usaha untuk memajang produk UMKM di Caldera Toba Sibisa, sebagai salah satu motivasi kepada para pelaku UMKM agar lebih bersemangat meningkatkan produknya.


"Kita berharap produk UMKM di kawasan Danau Toba dikaitkan dengan pariwisata. Jadi, kita meminta agar asosiasi UMKM berdiskusi dengan BPODT," ujar Parlindungan.


Ditambahkannya, dirinya juga siap berkoordinasi dengan para pengusaha untuk memasarkan produk UMKM di pasar nasional dan luar negeri.


"Kita siap membantu para pelaku usaha dalam pemasaran dan berkoordinasi dengan pengusaha agar produk UMKM dapat dipasarkan di mini market di seputaran kawasan Danau Toba," katanya.


Sementara itu, Ketua Asosiasi UMKM Kaldera Toba Marandus Sirait berterimakasih kepada Parlindungan Purba karena memberikan motivasi, dorongan dan peluang-peluang pemasaran produk UMKM se-kawasan Danau Toba.


Kata Sirait, dirinya akan menjalankan arahan dan bimbingan Parlidungan Purba, supaya seluruh pelaku dan produk UMKM lebih maju dan berkembang ke depan. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com