Pasca Sidak Bupati Karo, Pos Retribusi Objek Wisata Air Panas Ditutup


194 view
Pasca Sidak Bupati Karo, Pos Retribusi Objek Wisata Air Panas Ditutup
Foto Dok/S Surbakti
DITUTUP : Pos Pengutipan di Simpang Doulu, Minggu (22/8) mulai ditutup dan tidak ada lagi pengutipan retribusi.
Karo (SIB)
Setelah Bupati Karo, Cory S Sebayang bersama Wakil Bupati Theopilus Ginting, Wakil Ketua DPRD David Kristian Sitepu bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan sidak pada Sabtu (21/8) kemarin, pos retribusi menuju objek wisata air panas ke Desa Semangat Gunung, Kecamatan Merdeka akhirnya ditutup terhitung pada Minggu (22/8).

Hal itu menindaklanjuti intruksi Bupati Karo bahwa pengutipan pos retribusi agar dihentikan sampai ada regulasi yang mengatur hal tersebut.

Salah satu pengunjung ke objek wisata pemandian air panas, Imanuel Sembiring kepada wartawan, Minggu (22/8) di Pos Simpang Doulu, Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo mengatakan dirinya bersama keluarga jalan-jalan ke tempat pemandian air panas di Desa Semangat Gunung. Biasanya ada pengutipan di simpang maupun sampai di objek wisata pemandian tersebut, tapi Minggu (22/8) tidak ada lagi pengutipan retribusi. Infonya sejak Sabtu (21/8) malam sudah resmi ditutup setelah sidak Bupati Karo bersama rombongan, ungkap Sembiring.

Menurutnya pos itu lebih tepat ditutup karena para oknum yang melakukan pengutipan terkesan memaksa pengendara yang melintasi pos pengutipan dan tidak ada sedikit pun tata keramanya.

"Harapan kami, tolong diberikan tindakan yang tegas kepada pelaku Pungli di Karo ini, khususnya menuju pemandian air panas. Gara-gara pengutipan berlapis ini, malas orang datang ke pemandian air panas. Padahal air belerang inilah salah satu objek wisata yang paling populer di Kabupaten Karo," ucapnya .

Di tempat terpisah, salah satu pelaku usaha air pemandian air panas yang mengaku merga Karo-Karo ketika dikonfirmasi wartawan terkait ditutupnya pos retribusi itu mengatakan pengunjung, Minggu (22/8) meningkat dari hari sebelumnya.

Ia mengharapkan kepada Bupati Karo dan aparat hukum agar melakukan tindakan yang tegas kepada oknum-oknum yang melakukan Pungli ke objek wisata itu. "Jika belum ada keluar Perdanya , janganlah dilakukan pengutipan, kalau sudah ada nanti Perdanya, silahkan saja dikutip," pungkas Karo-Karo.

Sebagaimana disiarkan sebelumnya, Bupati Karo, Cory S Sebayang Sidak, Sabtu (21/8) ke objek wisata pemandian air panas.Ia mengatakan bahwa pengutipan retribusi tersebut agar dihentikan sampai ada aturan dan regulasi yang mengatur hal tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karo, Munarta Ginting ketika dikonfirmasi melalui pesan WA mengatakan, sesuai dengan kesepakatan masyarakat yang melakukan pengutipan mulai di Sidak oleh pemerintah daerah tidak akan melakukan pengutipan lagi. (BR2/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com