Pasca ke Kapolda, DPP GAMKI Kunjungan Kasih ke Pendeta dan Pengerja Gereja Pentakosta


233 view
Pasca ke Kapolda, DPP GAMKI Kunjungan Kasih ke Pendeta dan Pengerja Gereja Pentakosta
Foto: Dok/DPP GAMKI
KUNJUNGAN KASIH: Pengurus inti DPP GAMKI, Sabtu (24/7), kunjungan kasih ke pendeta dan pengerja Gereja Pentakosta Madenbaru Belawan - Medan Labuhan, Belawan. Di foto Pdt MJ Sinaga dan Poltak Tampubolon (tengah) diapit Ketua DPP GAMKI Bidang Hukum dan HAM, Maruli Silaban ST SH, Sekum DPP GAMKI, Sahat Marthin Philip Sinurat ST MT, Sekretaris GAMKI Medan, Fery Sihite, Biro Hukum Benny Wijaya Tarigan SIP dan Wilmar Napitupulu, Sekretaris GAMKI Deliserdang, Monang Sinaga SPd, Bendahara GAMKI Madina, Welman Hasibuan serta pengurus PAC GAMKI Belawan serta Pdt Marnaek Tampubolon.
Belawan (SIB)
Pengurus inti Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), Sabtu (24/7), kunjungan kasih ke pendeta dan pengerja Gereja Pentakosta Madenbaru Belawan - Medan Labuhan, Belawan. Kedatangan untuk memberi semangat dan penguatan serta mendukung langkah melestarikan kondusivitas pasca insiden di wilayah tersebut.

Dalam rombongan ada Ketua DPP GAMKI Bidang Hukum dan HAM, Maruli Silaban ST SH yang juga Ketua Caretaker DPD GAMKI SU, Sekretaris Umum DPP GAMKI, Sahat Marthin Philip Sinurat ST MT yang mantan Ketua Umum DPP GMKI, Wakil Sekretaris Umum Alex Ramandey SE MM yang juga Ketua Konferda DPD GAMKI SU, Sekretaris GAMKI Medan, Fery Sihite bersama Biro Hukum Benny Wijaya Tarigan SIP dan Wilmar Napitupulu, Sekretaris GAMKI Deliserdang, Monang Sinaga SPd, Bendahara GAMKI Madina, Welman Hasibuan serta pengurus PAC GAMKI Belawan. Dari tuan rumah terlihat pendeta Gereja Pentakosta Pdt MJ Sinaga, Pdt Marnaek Tampubolon, Biro Hukum Gereja Pentakosta, Poltak Tampubolon SH MH, Wakil Humasy Pbs Hamonangan Sinaga SPd dan lainnya.

Sebagaimana diberitakan, tawuran antarwarga di Belawan, Rabu (21/7) menyasar ke Gereja Pentakosta. Di satu video yang viral, warga dan pengerja gereja minta bantuan agar amarah warga dicegah, tidak semakin brutal. Apalagi ada percikan api dari fireworks yang sepertinya diarahkan ke gereja.

Pasca insiden, pendeta Gereja Pentakosta, Pdt MJ Sinaga meminta jemaatnya tidak terpancing emosi karena diyakininya apa yang dilakukan segelintir warga, salah sasaran.

Maruli Silaban dan Sahat MP Sinurat berterima kasih karena pendeta bersikap bijak dengan melokalisir persoalan menjadi tidak melebar. Sikap seperti itu, nilai keduanya, cermin ajaran Kristen yang harus tetap dipegang pribadi yang percaya pada-Nya. “DPP GAMKI sudah menyampaikan perihal Gereja Pentakosta pada Kapolda dan jajarannya pada Jumat (23/7). Tugas kita, memelihara dan melestarikan kondusivitas dengan kepala dingin dan hati jernih. Soal kemungkinan ada persoalan hukum, kepolisian yang bekerja. Kita berdoa,” tegas Sahat Sinurat.

Maruli Silaban mengatakan, insiden tersebut telah menyebar di media sosial dengan narasi tidak proporsional. “DPP GAMKI tak ingin insiden tersebut disalahgunakan pihak yang tak bertanggung jawab. Kita bergandengan menghalau hal seperti itu,” tegasnya.

Poltak Tampubolon mengatakan, sejak awal kejadian, hadir di lokasi hingga tahu persis kondisinya. Menurutnya, aksi spontan pihak gereja adalah mendukung kepolisian untuk mencegah tawuran yang sudah menyasar ke mana-mana termasuk gereja. “Kami Gereja Pentakosta mendukung pak polisi. Ayo, kita halau... jangan sampai melebar ke mana-mana,” kenangnya mengenai insiden malam hingga dini hari tersebut.

Ia menyesalkan, video yang beredar dengan narasi berlebihan dengan segala editan dan ‘bumbu’ yang dapat menimbulkan penafsiran bias. “Tidak. Gen Gereja Pentakosta adalah cinta damai dan mendukung pemerintah mengayomi rakyatnya,” pastinya.

Ia memastikan membuka hati semaksimalnya untuk bekerja sama dengan TNI/Polri guna menjamin kondusivitas! “Apalagi petugas polisi sudah memperbaiki dan mengecat bagian gedung gereja yang rusak karena aksi tawuran itu. Kami berterima kasih!”

Pdt MJ Sinaga berterima kasih atas atensi GAMKI yang datang dari Jakarta dan membawa persoalan ke penanggung jawab keamanan. “Kami Gereja Pentakosta berterima kasih pada Kapol ri dan jajarannya, Kapolda SU dan jajarannya. Kiranya ke depan tidak ada lagi hal yang tidak diinginkan,” tutupnya.

Pertemuan yang diawali doa bersama diakhiri dengan ibadah singkat, setelah rombongan diajak keliling gereja. (R10/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com