Pasien Covid-19 Tinggal 1 Orang, Ini Tantangan RS Pirngadi


152 view
Pasien Covid-19 Tinggal 1 Orang, Ini Tantangan RS Pirngadi
Foto harianSIB.com/Leo Bukit
dr Suryadi Panjaitan MKes SpPD Finasim
Medan (harianSIB.com)

Pasien Covid-19 yang sedang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Pirngadi Medan tinggal satu orang. Dengan berkurangnya pasien corona ini menjadi tantangan manajemen memulihkan kepercayaan masyarakat untuk kembali berobat ke RS.

"Pasien corona saat ini hanya satu orang dengan kondisi berat di ICU Covid-19," kata Direktur Utama RSUD Dr Pirngadi Medan dr Suryadi Panjaitan MKes SpPD Finasim kepada harianSIB.com, di ruang kerjanya, Selasa (12/10/2021).

Ia mengatakan, pasien corona yang dirawat di rumah sakit menurun karena keberhasilan masyarakat dan Pemerintah Kota (Pemko) Medan menanggulangi Covid-19 hingga pada level 2 PPKM.

"Saya sangat senang dengan kondisi pasien corona menurun yang luar biasa. Kita senang dengan pengendalian ini. Medan yang dipimpin pak Bobby Nasution dengan kerja kerasnya berhasil menanggulangi penyebaran," ungkapnya.

Bahkan, menurutnya, sudah saatnya Kota Medan di level 1. Namun demikian Medan di level 2, masyarakat menyambut dengan antusias dan diminta prokes tetap berjalan untuk menghindari terjadinya kenaikan kasus.

Ia mengatakan, bila tidak ada lagi pasien corona ke depannya, ruang ICU Covid-19 yang telah diresmikan bulan lalu akan dimanfaatkan bagi pasien lain. "Kalau nanti tidak ada lagi pasien corona yang masuk ke ICU itu, kita manfaatkan untuk pasien lain. Karena di ICU Covid-19 itu peralatannya cukup canggih," ujarnya.

Ia mengatakan adanya ruangan ICU itu bisa meningkatkan pelayanan RS bagi pasien yang membutuhkan. "Banyak yang membutuhkan pelayanan ICU. Contohnya pasien kecelakaan, gangguan kesadaran, gangguan otak, metabolisme dan lainnya," sebutnya.

Ke depannya, manajemen akan memulihkan kepercayaan masyarakat bahwa RS Pirngadi ini tidak ada lagi pasien corona dan steril dari virus tersebut.

"Tentunya butuh waktu. Saya bisa katakan RS yang melayani pasien corona itu tantangannya. Parahnya saja saat pandemi masyarakat, takut ke RS, akan kita sterilkan," tuturnya. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com