Pasien Terkonfirmasi Covid-19 di Simalungun Turun Signifikan


182 view
Pasien Terkonfirmasi Covid-19 di Simalungun Turun Signifikan
Foto Istimewa
Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Simalungun, Akmal Siregar 
Simalungun (harianSIB.com)
Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Simalungun, Akmal Siregar memastikan kapasitas tempat tidur atau bed isolasi di 3 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Simalungun, sangat mencukupi.

"Ya, mencukupi. Kasus terkonfirmasi semakin menurun. Sampai saat ini, tidak ada pasien konfirmasi dirawat di RSUD," kata Akmal, Jumat (17/9/2021).

Menurutnya, tidak ada pasien konfirmasi dirawat di RSUD Perdagangan, RSUD Parapat dan RSUD Rondahaim.

Namun, 47 warga Kabupaten Simalungun masih menjalani perawatan di luar daerah, 50 orang isolasi mandiri dan 6 orang proses tracing.

Berdasarkan update data, katanya, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 belakangan ini turun signifikan. Dalam seminggu terakhir, kasus konfirmasi berkurang 66 kasus, dari 167 menjadi 101 kasus.

Sementara itu, total akumulasi kasus terkonfirmasi menjadi 3.085 orang, kasus suspek 40, kasus probable 0, kasus kematian 279 dan pasien sembuh 2.703.

"Kita bersyukur, kasus Covid-19 berangsur turun. Pemerintah berupaya terus untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona," ujarnya.

Dalam menghadapi pandemi ini, menurutnya hal paling mendasar untuk diterapkan adalah ketaatan mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

Sejauh ini, dari 386 nagori (desa) dan 27 kelurahan di Kabupaten Simalungun, tidak ada desa maupun kelurahan yang berstatus zona merah dan oranye. Sebanyak 60 desa dan 7 kelurahan zona kuning. Sedangkan, 326 desa dan 20 kelurahan zona hijau. (*)


Penulis
: Jheslin M Girsang
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com