Paska Bencana Angin Puting Beliung, Wali Kota Binjai Salurkan Bantuan dan Tinjau Rumah Korban


105 view
Paska Bencana Angin Puting Beliung, Wali Kota Binjai  Salurkan Bantuan dan Tinjau Rumah Korban
(Foto : SIB/M Irsan)
TINJAU : Wali Kota Binjai Drs H Amir Hamzah meninjau langsung rumah warga yang rusak akibat terpaan angin puting beliung di Jalan T Imam Bonjol Kelurahan Setia Kecamatan Binjai Kota, Selasa (24/5). 

Binjai (SIB)

Paska bencana angin puting-beliung yang melanda Kota Binjai menyebabkan ratusan rumah warga rusak, Pemerintah Kota (Pemko) Binjai menyalurkan bantuan jaminan hidup dalam bentuk bahan pangan dan uang tunai kepada keluarga korban bencana alam, Selasa (24/5).


Bantuan berupa beras, mi instan, telur ayam, minyak goreng, gula pasir, dan uang Rp 300 ribu per keluarga disalurkan ke lima lokasi terpisah, yakni Kantor Lurah Sumbermuliorejo dan Gedung Meunasah Aceh, Kelurahan Tanahtinggi, Kecamatan Binjai Timur, Kantor Lurah Cengkehturi, Kecamatan Binjai Utara, Kantor Lurah Setia, Kecamatan Binjai Kota, serta Kantor Lurah Limausundai, Kecamatan Binjai Barat.


Serahterima bantuan dilakukan Wali Kota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP didampingi Ketua TP PKK Kota Binjai, Dra Hj Nurhayati Amir Hamzah, kepada perwakilan keluarga yang rumahnya rusak akibat angin kencang.


Tidak hanya itu, Wali Kota Binjai juga meninjau langsung rumah rumah warga yang rusak akibat terpaan angin puting beliung.


Wali Kota Binjai, Drs Amir Hamzah MAP mengatakan bantuan jaminan hidup dan uang tunai merupakan bentuk partisipasi dan bagian dari kewajiban pemerintah daerah dalam mengupayakan kebutuhan dasar bagi setiap keluarga yang menjadi korban bencana alam.


Dalam hal ini, katanya, seluruh bantuan tersebut berasal dari anggaran tanggap darurat bencana dan anggaran tidak terduga Pemerintah Kota Binjai, yang nominalnya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.


"Mohon maaf jika penyaluran bantuan ini sedikit agak terlambat. Sebab dari hasil rapat kami hingga jam 8 tadi malam, kami baru dapatkan data pasti jumlah keluarga yang menjadi korban angin kencang," terang Amir Hamzah.


Secara khusus dia juga mengimbau para korban dan seluruh warga Kota Binjai agar menjadikan musibah ini sebagai sarana iktibar (pembelajaran), serta selalu doakan Kota Binjai agar terhindar dari berbagai marabahaya, bencana alam, dan hal negatif lainnya.


Seperti diketahui, 565 rumah, beserta sejumlah bangunan sekolah dan fasilitas umum rusak, menyusul hujan deras disertai angin puting beliung, petir, dan butiran es, melanda Kota Binjai, pada Minggu (22/5) sore.


Beruntung tidak ada laporan mengenai korban jiwa ataupun luka akibat bencana alam tersebut. Meskipun demikian nilai kerugian material ditaksir mencapai Rp 1 miliar lebih. (M1/f)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com