Jumat, 24 Mei 2024 WIB

Pastikan Imunisasi Polio Maksimal, Ketua TP PKK Sumut Kunjungi Pelaksanaan PIN Polio di Desa Sena

Redaksi - Rabu, 15 Februari 2023 18:05 WIB
176 view
Pastikan Imunisasi Polio Maksimal, Ketua TP PKK Sumut Kunjungi Pelaksanaan PIN Polio di Desa Sena
(Foto harianSIB.com/Leo Bukit)
IMUNISASI: Ketua TP PKK Provinsi Sumut Nawal Lubis didampingi Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit Hasibuan melakukan imunisasi polio Kantor Kepala Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deliserdang, Senin (13/2). 
Deliserdang (SIB)
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Sumatera Utara (TP PKK Sumut) Nawal Lubis mengunjungi pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio untuk balita di sekitar Kantor Desa Sena, Kecamatan Batangkuis, Kabupaten Deliserdang. Kedatangannya untuk meninjau sekaligus memastikan vaksinasi berlangsung maksimal.
Kehadiran Ketua TP PKK Sumut bersama rombongan disambut Kepala Desa Sena, Yuli, Camat Batangkuis Rio Lakadewam dan Asisten I Pemkab Deliserdang Citra Capah, para kader PKK kecamatan dan desa. Ratusan ibu dari berbagai dusun memadati lokasi vaksinasi tersebut.
“Ya ini kan vaksinasi karena ada kejadian luar biasa di Provinsi Aceh. Karena kita memang berbatasan, maka ini untuk mengantisipasi agar tidak menyebar ke Sumut,” ujar Nawal Lubis didampingi Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Alwi Mujahit Hasibuan MKes, Selasa (14/2).
Nawal juga berbincang singkat dengan para ibu yang membawa balitanya, serta kepada petugas pelaksana vaksinasi polio. Ia pun dipersilakan untuk meneteskan vaksin kepada balita di bawah pengawasan petugas kesehatan.
Pelaksanaan vaksinasi pada PIN Polio 13-19 Februari 2023, lanjut Nawal, PKK Sumut serta jajarannya akan berupaya mendorong semua anak-anak Balita (bawah lima tahun), seluruhnya mendapatkan vaksin, tidak ada yang terlewati.
“Semoga dengan kerja sama PKK, Dinas Kesehatan dan perangkat desa bisa menyisir anak-anak yang belum ditetesi vaksin polio. Apalagi dengan kejadian luar biasa (KLB) ini, anak-anak juga diulang kembali vaksinnya (polio),” katanya.
Sedangkan terkait target vaksinasi polio, Nawal Lubis menekankan pentingnya langkah sweeping (mendatangi ke rumah warga) bilamana hingga 19 Februari 2023, masih ada balita yang belum menerima vaksin tersebut.
Sedangkan Kepala Desa Sena, Yuli mengaku senang dengan antusiasi masyarakat, khususnya kaum ibu yang membawa anaknya ke Kantor Desa atau Posyandu untuk mendapatkan vaksin polio. Ia mengakui, banyak juga yang kesulitan menjangkau Kantor Desa karena faktor transportasi umum, mengingat jarak rumah warga ke Kantor Desa cukup jauh.
Untuk Desa Sena, kata Yuli, ada sekitar 527 jiwa Balita yang akan diberikan vaksin polio. Dari target itu, untuk hari pertama di 13 Februari 2023, sudah mencapai angka hampir 400 orang.
“Ya upaya kita kan supaya ini bisa maksimal. Saya juga berterimakasih kepada Ibu Ketua TP PKK Sumut yang menjadikan Desa Sena sebagai lokasi vaksinasi yang dikunjungi,” ujar Yuli. (SS6/a)


Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
TP PKK Sumut Dapat Penghargaan di HKG PKK Tingkat Nasional
Pj Ketua TP PKK Sumut Ingatkan Revitalisasi Posyandu
Workshop Pokja PKK Ditutup, Pj Ketua TP PKK Sumut Minta Tingkatkan Kualitas SDM
Dessy Hassanudin Sematkan Tanda Peserta kepada Kahiyang Ayu
Ketua PKK Sumut Dessy Hassanudin Tanam Cabe di Tebingtinggi
Bupati Sergai Terima Kunker Pj Ketua TP-PKK Sumut
komentar
beritaTerbaru