Pdt Bilker Simamora Pimpin HKBP Padangbulan Gantikan Pdt Gokma Simanungkalit


1.112 view
Pdt Bilker Simamora Pimpin HKBP Padangbulan Gantikan Pdt Gokma Simanungkalit
(Foto SIB/ Horas Pasaribu)
LANTIK: Pdt Freddy Lumbantobing dari Distrik X Medan-Aceh, melantik Pdt Bilker Simamora menjadi Pendeta HKBP Resort Padangbulan, Minggu (30/5) di Gereja HKBP Padangbulan, Medan. 

Medan (SIB)

Pimpinan pusat HKBP memutasi Pdt Gokma Simanungkalit STh dari Pendeta HKBP Resort Padangbulan ke HKBP Batang Toru. Penggantinya Pdt Bilker Simamora STh MM sebelumnya melayani HKBP Sosor Ginting Doloksanggul. Serahterima dilakukan Pdt Freddy Lumbantobing STh, Kabid Diakonia Distrik X Medan-Aceh, atas nama Praeses Pdt Hendri Napitupulu MTh, Minggu (30/5).


Pdt Gokma Simanungkalit bertugas di HKBP Padangbulan selama 2 tahun 9 bulan. Pengurus gereja setempat St Sarsin Siregar mengatakan, pelayanan Pdt Gokma banyak mengalami pergumulan salah satunya tersita oleh pandemi Covid-19.


Selama pelayanannya di HKBP Padangbulan diwarnai kemelut, ada jemaat dan pengurus gereja yang kontra, ada pula yang pro. Banyak jemaat yang loyal membangun gereja yang mengkritik kepemimpinannya. Sehingga beberapa kali terjadi kemelut di internal gereja bahkan sampai aksi unjukrasa. Pdt Gokma dalam sambutannya minta maaf jika ada pelayanannya yang kurang dan juga berterima kasih bila jemaat menikmati pelayanannya.


Dia mengemukakan, meski ditempatkan melayani di BatangToru tapi dia dan keluarganya masih menjadi jemaat di HKBP Padangbulan, karena kediaman tetapnya masih di Medan. Sehingga dia mengaku masih bisa memantau perkembangan gereja HKBP Padangbulan.


Sanggam SH Bakara, mewakili jemaat mengatakan, meski pelayanan Pdt Gokma tidak sempurna tapi banyak yang bersuka cita. Karena kesempurnaan itu hanya ada pada Tuhan. "Meski belum sempurna, banyak jemaat yang termotivasi dan bersuka cita, mulai jemaat yang beribadah pagi sampai sore," terang Sanggam.


Lanjut Sanggam, banyak yang patut dikenang dari Pdt Gokma, karena banyak pembangunan yang tidak menggunakan kas gereja. Dananya dari partisipasi jemaat yang dilakukan melalui lobi-lobi pendeta.


"Kepada Pdt Bilker Simamora, yang akan melayani di gereja ini kami menerimanya dengan terbuka. Kami mengagumi pelayanan pendeta Bilker, karena kami lihat banyak jemaat dan pengurus gereja HKBP Sosor Gonting Doloksanggul, tempat pelayanan sebelumnya mengantarkan ke HKBP Padangbulan," tuturnya. (A8/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Tag:HKBP
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com