Pdt M Rumanja Purba : Gereja Bertanggungjawab dan Berperan Mengedukasi Masyarakat Soal Pelestarian Danau Toba


225 view
Pematangsiantar (SIB)- Ephorus GKPS Pdt M Rumanja Purba MSi meminta agar gereja khususnya GKPS  bertanggungjawab dan berperan dalam mengedukasi masyarakat untuk lebih perhatian terhadap pelestarian lingkungan terutama Danau Toba. Diharapkannya gereja dan warga jemaat bisa saling memberikan perhatian yang serius terhadap kemajuan dan keberadaan Danau Toba.

Upaya membentuk Badan Otorita Danau Toba, lanjutnya kepada SIB, Senin (15/2)  patutlah didukung sepenuhnya, namun diharapkannya agar pemerintah tidak melupakan peran masyarakat. Peran  serta partisipasi masyarakat dan gereja hendaknya dilibatkan sehingga dapat saling bersinergi dan bekerjasama dalam memajukannya.

Gereja khususnya GKPS haruslah berperan dalam upaya menjaga, melestarikan bahkan memelihara apa yang ada dan menjadi karuniaNya. Dalam menjalankan tugas dan pelayanannya, para pelayan hendaknya semakin memberikan pemahaman dan mensosialisasikan pentingnya   hal tersebut. Sehingga dapat saling bertanggungjawab, memiliki kepedulian dan perhatian yang serius terhadap hal tersebut.

Dengan akan adanya Badan Otoritas Danau Toba diharapkannya menjadi peluang bagi masyarakat maupun bagi kemajuan kawasan Danau Toba, sehingga dapat memanfaatkannya agar bisa semakin mendunia.

Diharapkannya gereja bisa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya dalam menjaga, memelihara segala ciptaanNya termasuk Danau Toba yang menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Utara maupun Indonesia. Sementara masyarakat semakin peduli dan ikut ambil bagian dalam upaya pelestarian dan memajukan kawasan Danau Toba.

Selain itu, pemerintah juga diharapkannya agar lebih serius dalam upaya memajukan kawasan Danau Toba dengan memberikan bantuan baik berupa anggaran maupun perbaikan–perbaikan infrastruktur dari dan menuju ke kawasan Danau Toba. Saat ini infrastruktur dari dan menuju ke kawasan Danau Toba masih harus mendapat perhatian serius dari pemerintah.

Perbaikan fasilitas pendukung lainnya haruslah mendapat perhatian agar wisatawan yang akan berkunjung dapat merasa lebih nyaman dan aman saat berada di lokasi tersebut. Serta memperhatikan managemen air. Hal yang penting lainnya yang harus menjadi perhatian adalah pola perilaku maupun karakter dari masyarakat setempat. Sehingga tamu yang datang berkunjung bisa merasakan keramahan dan tegur sapa dari masyarakat maupun dari kalangan bisnis. (C03/y)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com