Pecahkan Rekor Humbahas 5 Tahun Tanpa P-APBD, Warga Kirim Bunga Papan


1.281 view
Pecahkan Rekor Humbahas 5 Tahun Tanpa P-APBD, Warga Kirim Bunga Papan
(Foto: SIB/Frans Simanjuntak)
BUNGA PAPAN:  Sejumlah bunga papan ucapan selamat kepada Pemkab Humbahas atas prestasi memecahkan rekor lima tahun tanpa P-APBD berjejer terpajang di sepanjang Jalan Sisingamangaraja dan Jalan Siliwangi Doloksanggul, Rabu (8/9/2021).
Humbahas (harianSIB.com)
Puluhan bunga papan beragam ucapan berjejer terpajang di sepanjang Jalan Sisingamangaraja dan Jalan Siliwangi, Kecamatan Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Rabu (8/9/2021).

Pantauan jurnalis Koran SIB Frans Simanjuntak di lokasi, bunga papan tersebut rata-rata mengucapkan selamat dan sukses kepada Pemkab Humbahas atas prestasi pemerintah yang memecahkan rekor lima tahun berturut-turut (2017-2021) tanpa P-APBD (Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah).

Puluhan bunga papan yang sengaja dipajang di pusat kota Kabupaten Humbahas itu, dibuat sebagai bentuk sindiran dan kritikan masyarakat terhadap kinerja Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, yang dinilai tidak mampu menjalin komunikasi yang baik dengan lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sehingga P-APBD lima tahun berturut-turut tidak ada, sehingga pembangunan daerah terkendala.

Papan bunga dari Gerakan Muda Papatar (Gempar) Pakkat bertuliskan, "Bagi Bupati P-APBD Mungkin Tidak Berarti Tapi Bagi Kami Rakyat Sangat Berarti". Dari Aduhot Simamora "Selamat atas Prestasi Humbahas dengan Rekor 5 Tahun Tanpa P-APBD".

Dari Yanto Sihotang - Jakarta bertuliskan "Selamat Humbahas dengan Rekor 5 Tahun Tanpa P-APBD". Dari Mantun S Pakpahan SE MM - Jakarta bertuliskan "Buruk Muka Cermin Dipecah Pemimpin Tak Becus DPRD Dipecah".

Karangan bunga di sepanjang Jalan Sisingamangaraja dan Jalan Siliwangi tersebut menarik perhatian pengguna jalan yang melintas di Simpang Empat Doloksanggul.

"Kejadian seperti ini sangat jarang terjadi. Biasanya orang mengucapkan selamat karena kinerja bagus. Ini malah sebaliknya, orang ramai-ramai menyampaikan selamat karena kinerja yang kurang baik. Mudah-mudahan Pemkab Humbahas bisa belajar dari kejadian ini. Supaya pembangunan Humbang Hasundutan berjalan dengan baik," ucap salah seorang pengguna jalan marga Purba yang sedang melintas dari Jalan Sisingamangaraja.

Mangupar Manullang seorang pembuat papan bunga kepada sejumlah wartawan mengatakan, aksi pembuatan bunga papan itu sebagai bentuk kritikan kepada Bupati Humbahas atas gagalnya P-APBD selama 5 tahun.

Menanggapi aksi pembuatan bunga papan itu, Dosmar Banjarnahor saat diwawancarai usai rapat paripurna di gedung dewan, mengatakan tidak ada masalah dan sah-sah saja dalam menyampaikan pendapat. Dia mengaku, tidak adanya P-APBD Humbahas selama selama 5 tahun berturut-turut bukan hanya karena kegagalan Pemkab, melainkan kegagalan bersama dengan DPRD Humbahas.

"Setiap orang menyampaikan pendapat itu sah. Tidak ada masalah. Dan harus dipahami sebenarnya P (P-APBD) itu gagal tidak hanya (karena bupati). Tapi kegagalan DPRD dan pemerintah. Ya karena tidak ada keputusan (bersama). Ya gagal itu bersama-sama. Jadi bukan hanya pemerintah. Tapi DPRD (ikut gagal)," kata Dosmar. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com