Pegiat Budaya Minta Pemerintah Alihkan BST untuk Usaha Tani


152 view
Pegiat Budaya Minta Pemerintah Alihkan BST untuk Usaha Tani
suaramerdeka.com
Dian Manik
Simalungun (SIB)
Sebagai upaya untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi, Pegiat Budaya Dian Manik meminta pemerintah mengkaji ulang Bantuan Sosial Tunai (BST) agar dialihkan untuk membantu usaha tani. Demikian disampaikannya kepada SIB, Rabu(19/6).

Menurutnya, BST yang telah disalurkan pemerintah kepada masyarakat terdampak Covid-19 kurang lebih setahun berjalan sebaiknya dialihkan saja untuk membantu usaha tani yang lebih pantas, untuk meningkatkan pendapatan banyak orang.

"Kalau bisa diberikan bantuan stimulus yang sifatnya menggerakkan masyarakat. Jadi tidak berbentuk uang tunai lagi. Bagaimana caranya agar masyarakat tetap produktif, bukan menjadi malas dan hanya menunggu bantuan datang. Itulah salah satu yang membuat perekonomian menjadi stagnan, tidak ada pergerakan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian karena sudah terlena menunggu bantuan", pungkasnya.

Bila perlu dialihkan untuk pengadaan bantuan alat mesin pertanian dan bibit unggul. Mengingat sektor pertanian diyakini akan mampu mendorong pemulihan ekonomi.

"Apalagi kita lihat di beberapa daerah yang sentra pertanian, masih sangat butuh perhatian pemerintah dalam hal pengadaan bibit unggul dan kekurangan Alsintan untuk digunakan dalam memperlancar aktivitas di sektor pertanian", kata Dian.

Karena itu, Dian berharap agar pemerintah benar-benar mengkaji ulang seluruh bantuan untuk masyarakat terdampak Covid-19 yang bisa menggerakkan dan memotivasi masyarakat semakin produktif, ungkapnya. (D10/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com