Pelindo 1 Terapkan PPKM Darurat di Lingkungan Kerjanya


218 view
Pelindo 1 Terapkan PPKM Darurat di Lingkungan Kerjanya
(Foto: Dok/Humas Pelindo 1)
Vaksinasi: Seorang pegawai Pelindo 1 mengikuti program vaksinasi yang dilaksanakan di Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan, beberapa pekan lalu.
Belawan (harianSIB.com)
Mendukung dan menerapkan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Medan sebagai salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1 memberlakukan Working from Home (WFH) 50 persen pegawai yang bekerja dalam bidang administrasi pada setiap unit kerja sesuai surat edaran direksi.

"Sementara pegawai yang bekerja di lapangan diberlakukan Working from Office (WFO) 100 persen, sebab pelayanan kepelabuhanan harus beroperasi 24 jam/7 hari," kata SVP Corporate Secretary Pelindo 1, Basuki Soleh kepada wartawan melalui siaran pers yang diterima jurnalis Koran SIB Pally S dari Humas Pelindo 1, Jumat (16/7/2021).

Lebih lanjut dikatakannya, dengan pemberlakuan kebijakan tersebut, perseroan menjamin kegiatan operasional dan layanan di seluruh lingkungan kerja Pelindo 1 di kantor pusat, cabang pelabuhan dan anak perusahaan tetap berjalan optimal.

“Kami memastikan setiap petugas operasional di lapangan sudah menerima vaksinasi Covid-19 dan tetap patuh menjalankan protokol kesehatan,” ujar Basuki.

Pelindo 1 juga memperketat pengawasan seluruh kegiatan operasional khususnya di area terminal penumpang dengan memastikan seluruh petugas yang menangani operasional kapal penumpang dalam keadaan sehat dan dinyatakan negatif Covid-19 melalui uji rapid test antigen atau PCR.

Pada areal terminal penumpang, Pelindo 1 juga menerapkan aturan ketat, yakni hanya calon penumpang yang memenuhi kriteria perjalanan saja yang diperkenankan memasuki terminal dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Selain itu, dalam mendukung PPKM Darurat, Pelindo 1 juga menyediakan sarana pemeriksaan kesehatan pada akses utama keluar masuk terminal penumpang di pelabuhan, menyediakan fasilitas vaksinasi yang dibutuhkan termasuk tenaga vaksinator yang bekerja sama dengan pihak terkait.

Dalam melindungi pegawai serta mencegah penyebaran Covid-19, Pelindo 1 bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Medan beberapa pekan lalu, telah menyelenggarakan Vaksinasi Covid-19 untuk para pegawai dan sejumlah instansi yang berada di pelabuhan.

Pelindo 1 juga turut memfasilitasi vaksinasi massal Covid-19 yang digelar sejumlah instansi terkait di Terminal Penumpang Bandar Deli, Pelabuhan Belawan, dengan menyediakan fasilitas tempat, perlengkapan kegiatan, pengamanan dan tenaga medis dari Rumah Sakit Prima Husada Cipta Medan (PHCM). (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com