Pembangunan Puskesmas Berbiaya Rp 1,8 M Ditinjau


185 view
Aekkanopan (SIB) -Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Labura Tigor Pasaribu meninjau Puskesmas Sukarame di Kecamatan Kualuh Hulu yang sedang dibangun dengan biaya Rp 1.883.000.000. "Realisasi pekerjaan pembangunan Puskesmas itu mencapai 85% dan semoga tidak ada halangan sehingga selesai sesuai waktu," ujar Tigor Pasaribu saat bincang-bincang di Aekkanopan, Minggu (11/11).

Dijelaskan, selain Puskesmas Sukarame, sembilan puskesmas lain turut direhab dan dibangun tahun 2018 dan dananya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran (TA) 2018. Realisasi kerja pembangunan dan rehab sembilan puskesmas itu juga mencapai 85 %, imbuh Tigor.

Sembilan puskesmas lain yang direhab  dan dibangun dengan biaya belasan miliar rupiah itu yakni, Puskesmas Guntingsaga dan Puskesmas Simangalam di Kecamatan Kualuh Selatan. Puskesmas Londut di Kecamatan Kualuh Hulu, Puskesmas Marbau di Kecamatan Marbau.

Puskesmas Tanjungleidong di Kecamatan Kualuhleidong, Puskesmas Kampungmasjid di Kecamatan Kualuh Hilir. Puskesmas Bandardurian di Kecamatan Aeknatas, Puskesmas Aekkotabatu di Kecamatan Na IX-X, Puskesmas Aekkuo di Kecamatan Aekkuo.

Ditambahkan, pembangunan dan rehab puskesmas itu diharapkan akan dapat meningkatkan pelayanan dan juga untuk menyahuti Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) no 75 tentang Puskesmas. Mendatang, 8 puskesmas lagi diharapkan direhab atau dibangun sehingga seluruh puskesmas di Labura layak sesuai Permenkes.

Saat itu juga disebutkan, ada 5 puskesmas yang melayani rawat inap dan sejumlah puskesmas yang sedang diakreditasi oleh tim akreditasi dan sebelum tahun 2021, semua puskesmas (18 puskesmas) telah akreditasi. Puskesmas rawat inap itu yakni, Puskesmas Marbau, Guntingsaga,  Kampungmasjid, Tanjungleidong, Aekkotabatu. (F09/d)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com