Pembersihan Tebing dan Penebangan Pohon Selesai, Jalur Medan-Berastagi Dibuka


8.591 view
Pembersihan Tebing dan Penebangan Pohon Selesai, Jalur Medan-Berastagi Dibuka
Foto Dok
Kasat Lantas Polrestabes Medan AKBP Sonny W Siregar
Medan (harianSIB.com)

Pembersihan tebing dan penebangan pohon yang rawan terjadi bencana alam longsor di Km 37.5 Tirtanadi-Sembahe Jalan Jamin Ginting Desa Sibolangit, Kecamatan Sibolangit, Deliserdang, sudah selesai dilaksanakan, Rabu (27/10/2021) siang.

Kasat Lantas Polrestabes Medan AKBP Sonny W Siregar yang dikonfirmasi jurnalis Koran SIB Roy Damanik mengatakan pembersihan sisa reruntuhan material longsor dan pemotongan pohon dilaksanakan sekira pukul 09.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Sementara arus lalulintas di lokasi akan ditutup total.

"Proses penebangan pohon sudah selesai tadi sekira pukul 13.00 WIB. Ternyata bagian bawah sejumlah pohon hampir 3/4 sudah busuk, jadi tinggal menunggu waktu untuk tumbang," terangnya.

Saat berlangsungnya penebangan, katanya, hanya 2 kali pemotongan dengan mesin sinso, pohon-pohon besar itu telah tumbang. Pihaknya sudah memprediksi dengan tepat sekali, tinggal menunggu waktu tak lama pohon pasti sudah tumbang.

"Saat ini masih ada kendala karena batu tidak ikut tumbang. Ini masih dalam pembahasan, ataukah nanti kita lakukan penumbangan batu secara manual atau proses lainnya," katanya.

Lanjut Sonny, pukul 13.00 WIB, pengerjaan seluruh kegiatan telah selesai. Pihaknya juga sedang melakukan persiapan sekitar 5-10 menit lagi untuk pembukaan jalur Medan-Berastagi secara total.

"Hingga saat ini situasi masih aman dan terkendali, tidak ada korban jiwa dan tidak ada permasalahan. Untuk permasalahan batu yang masih menggantung, kita akan melakukan pengkajian ulang," kata Sonny. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com