Pembobol Rumah Warga Ditangkap Polres Labuhanbatu


104 view
Foto Dok
Ilustrasi ditangkap
Rantauprapat (SIB)
Seorang tersangka pembobol rumah warga atau pencurian dengan pemberatan (Curat), ditangkap Tim 1 Opsnal Unit Resum Satuan Reserse Kriminal Polres Labuhanbatu. Tersangka MAS alias Mas (26), diciduk dari rumahnya di Simpang IV Padangpasir Rantauprapat, Sabtu (16/1). Pelaku baru keluar dari persembunyiannya daerah Riau.

"Sebelumnya, tersangka melakukan pencurian rumah korban Imam Syafi'i di Jalan Belibis Kelurahan Bakaranbatu Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu, Senin 25 Mei 2020 sekira pukul 18.00 WIB, sesuai laporan polisi dari korban nomor LP/716/V/2020/SPKT RES-LBH, tanggal 25 Mei 2020," kata Kanit Resum Iptu Sahat Lumbangaol melalui WhatsApp kepada wartawan, Minggu (17/1).

Menurutnya, setelah pulang dari pelarian, tersangka berulah lagi dengan membobol rumah korban Hotma Sari. Korban Hotma melaporkan kehilangan HP dan barang lainnya, dengan laporan polisi nomor LP/73/I/2021/SPKT/RES-LB, tanggal 15 Januari 2021.

Dalam kasus yang menimpa korban Imam Syafi'i, Kanit menjelaskan bahwa awalnya korban bersama keluarga pergi berlebaran ke rumah orang-tuanya di Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara, meninggalkan rumah dalam keadaan terkunci, Sabtu 23 Mei 2020 sekira pukul 10:00 WIB.

"Kemudian korban dan keluarga pulang pada Senin (25/5/2020) sekira pukul 18:00 WIB, lalu melihat jendela kamar sudah terbuka diganjal kayu kecil. Melihat itu, korban mengecek isi rumah juga telah berantakan. Sepeda motor Honda Supra FIT S dan 2 buku BPKB sepeda motor tidak ada lagi, sehingga korban membuat laporan ke Polres Labuhanbatu," ungkapnya.

Hasil penyelidikan, tim mengetahui pelaku berinisial MAS dan telah melarikan diri ke daerah Riau setelah membobol rumah Imam Syafi'i.

Delapan bulan kemudian, Sabtu (16/1), Unit Resum menerima informasi dari masyarakat bahwa MAS sudah pulang dari Riau. Dari informasi tersebut, pelaku diketahui sedang berada di rumahnya, Simpang IV Padangpasir Kelurahan Urungkompas Kecamatan Rantau Selatan.

"Kita bersama tim Opsnal langsung menuju lokasi dan saat dilakukan penyergapan, tersangka Mas sempat berusaha melarikan diri dengan melompat jendela belakang, namun dapat ditangkap tim yang sudah mengepung rumahnya," jelas Sahat.

Tim juga mengamankan alat-alat yang digunakan MAS merusak jendela korban dengan cara mencongkel menggunakan 2 linggis, gergaji besi dan pisau kecil.

"Dari pengembangan di TKP lain, tersangka juga melakukan pencurian di rumah korban, Hotma Sari. Hasil curian dari TKP kedua, diamankan barang bukti HP Merk Oppo A 15 warna putih dari rumah temannya di Jalan Suka Dame Kelurahan Urungkompas Kecamatan Rantau Selatan," sebut Kanit.

Tersangka MAS beserta barang bukti diamankan ke Mapolres Labuhanbatu untuk penyidikan. Tersangka dipersalahkan melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan, melanggar Pasal 363 KUHP. (BR6/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com