Pemenang Pilkades di Taput Didominasi Pendatang Baru


385 view
Pemenang Pilkades di Taput Didominasi Pendatang Baru
(ANTARA/Rinto Aritonang)
Pilkades serentak di 200 desa se Tapanuli Utara.
Tapanuli Utara (SIB)
Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 200 desa Kabupaten Tapanuli Utara pada Selasa (23/11) berlangsung aman dan kondusif.

Dari hasil perhitungan suara yang dihimpun SIB, Rabu (24/11) pemenang Pilkades dari beberapa kecamatan di dominasi oleh pendatang baru dan petahana banyak yang kalah dalam pemilihan tersebut.

Untuk Kecamatan Tarutung, yang mengikuti Pilkades sebanyak 16 desa. Dari hasil penghitungan suara, 12 desa dimenangkan oleh pendatang baru. Sedangkan 4 desa dimenangkan oleh petahana.

Keempat desa tersebut meliputi Desa Parbubu Pea yang dimenangkan oleh Rustam Lumbantobing dengan perolehan suara sebanyak 314 suara, Desa Parbaju Julu yang dimenangkan oleh Tolhas Hutabarat dengan perolehan suara sebanyak 492 suara, Parbaju Tonga yang dimenangkan oleh Martua Hutabarat dengan perolehan suara sebanyak 387 suara dan Desa Sitampurung yang dimenangkan oleh Jonson Hutabarat dengan perolehan suara sebanyak 255 suara.

Untuk Kecamatan Siatas Barita, yang mengikuti Pilkades sebanyak 10 desa. Dari hasil perhitungan suara, 6 desa pemenangnya dari pendatang baru dan 4 desa pemenangnya dari petahana.

Keempat desa tersebut meliputi Desa Simanampang yang dimenangkan Ronal Simorangkir dengan perolehan suara sebanyak 453 suara, Desa Sidagal yang dimenangkan Horas M Panjaitan dengan perolehan suara sebanyak 320 suara, Desa Simorangkir Habinsaran yang dimenangkan oleh Hardi Saut Simorangkir dengan perolehan suara sebanyak 234 suara dan Desa Sangkaran yang dimenangkan oleh Surung LM Panggabean dengan perolehan suara sebanyak 324 suara.

Selanjutnya untuk Kecamatan Pahae Jae yang mengikuti Pilkades sebanyak 9 desa. Dari hasil penghitungan suara, hanya 1 desa yakni Desa Parsaoran Nainggolan dimenangkan oleh petahana Mauliate Sitompul dengan perolehan suara sebanyak 307 suara. Sedangkan 8 desa lagi dimenangkan oleh pendatang baru.

Kemudian di Kecamatan Simangumban yang mengikuti Pilkades sebanyak 7 desa. Dari hasil penghitungan suara, 5 desa pemenangnya dari pendatang baru dan 1 desa yakni Desa Dolok Saut dimenangkan oleh petahana yakni Erijon Ritonga dengan perolehan suara sebanyak 329 suara. Sedangan 1 desa lagi yakni Desa Simangumban Julu hasil rekapitulasi suara belum final.

Kemudian untuk Kecamatan Pahae Julu yang mengikuti Pilkades sebanyak 18 desa. Dari hasil penghitungan suara, 10 desa dimenangkan oleh pendatang baru dan 8 desa dimenangkan oleh petahana.

Ke 8 desa tersebut meliputi, Desa Simasom yang dimenangkan Tulus Panggabean dengan perolehan suara sebanyak 259 suara, Desa Sibaganding yang dimenangkan oleh Remon Sitompul dengan perolehan suara sebanyak 225 suara.

Sedangkan Desa Lumban Garaga dimenangkan oleh Anggiat Simorangkir dengan perolehan suara sebanyak 237 suara, Desa Sitolu Ama yang dimenangkan oleh Luhut Hutabarat dengan perolehan suara sebanyak 327 suara, Desa Lumban Tonga yang dimenangkan oleh Donfrii Sitompul dengan perolehan suara sebanyak 203 suara.

Berikutnya Desa Pantis dimenangkan oleh Afdy Ronny Tambunan dengan perolehan suara sebanyak 263 suara, Desa Simardangiang yang dimenagkan oleh Tampan Sitompul dengan perolehan suara sebanyak 169 suara dan Desa Lobu Pining yang dimenangkan oleh Maniur Simorangkir dengan perolehan suara 177 suara.

Kemudian untuk Kecamatan Purba Tua yang mengikuti Pilkades sebanyak 11 desa. Dari hasil penghitungan suara, 5 desa dimenangkan oleh pendatang baru, 1 desa yakni Desa Purba Tua draw dimana calon Kades nomor 1 Trisi Pawolly Sitompul dan calon Kades nomor 2 Sabar Simanjuntak memperoleh suara sama yang masing - masing calon sebanyak 156 suara.

Selanjutnya 5 desa dimenangkan oleh petahana. Keempat desa tersebut yakni, Desa Sidua Bahal yang dimenangkan oleh Pangihutan Simamora dengan perolehan suara sebanyak 58 suara, Desa Bonani Dolok yang dimenangkan oleh Hendri Sitompul dengan perolehan suara sebanyak 183 suara, Desa Pardomuan Janjiangkola dimenangkan oleh Frengky Sitompul dengan perolehan suara sebanyak 198 suara dan Desa Hutana Godang yang dimenangkan oleh Hotnida Sitohang dengan perolehan suara sebanyak 124 suara dan Desa Sitolu Bahal yang dimenangkan oleh Musda Sitompul dengan perolehan suara sebanyak 290 suara.

Selanjutnya untuk Kecamatan Muara yang mengikuti Pilkades sebanyak 12 desa. Dari hasil penghitungan suara, 8 desa pemenangnya dari pendatang baru dan 4 desa pemenangnya masih dari petahana.

Keempat desa tersebut meliputi, Desa Batubinumbun yang dimenangkan oleh Watlin Siburian dengan perolehan suara sebanyak 726 suara, Desa Sillaitoruan yang dimenangkan oleh Asitua Simbolon dengan perolehan suara sebanyak 168 suara, Desa Baribaniaek yang dimenangkan oleh Eliakim Siregar dengan perolehan suara sebanyam 385 suara dan Desa Huta Lontung yang dimenangkan oleh Rommel Rajagukguk dengan perolehan suara sebanyak 212 suara.

Kemudian untuk Kecamatan Siborongborong yang mengikuti Pilkades sebanyak 20 desa. Petahana yang ikut calon Kades sebanyak 12 orang dan 9 orang menang dan 1 desa seri yakni Desa Pohan Julu.

Selanjutnya di Kecamatan Pagaran yang mengikuti Pilkades sebanyak 12 desa. Petahana kepala desa yang ikut sebanyak 6 orang dan 4 orang kalah.

Begitu juga untuk Kecamatan Parmonangan yang mengikuti Pilkades sebanyak 11 desa. Petahana yang ikut calon Kades sebanyak 10 orang. Yang kalah sebanyak 5 orang yakni, petahana dari Desa Hutatinggi, Desa Huta Tua, Desa Aek Raja, Desa Huta Julu Parbalik dan Desa Huta Julu. Dan petahana Kades yang menang yakni, Desa Manalu, Desa Manalu Dolok, Desa Lobu Sunut, Desa Horisan Ranggitgit dan Desa Pertengahan.

Selanjutnya untuk Kecamatan Garoga yang mengikuti Pilkades sebanyak 11 desa dengan pemenangnya semua pendatang baru.

Kemudian untuk Kecamatan Adian Koting yang mengikuti Pilkades sebanyak 12 desa. Petahana yang menang sebanyak 5 orang dan calon baru sebanyak 7 orang.

Begitu juga dengan Kecamatan Sipahutar yang mengikuti Pilkades sebanyak 21 desa. Petahana yang menang sebanyak 4 orang dan calon baru sebanyak 21 desa.

Selanjutnya, Kecamatan Sipoholon yang mengikuti Pilkades sebanyak 10 desa. Petahana yang menang berjumlah 1 orang dan 9 desa dimenangkan oleh calon baru.

Dan untuk Kecamatan Pangaribuan yang mengikuti Pilkades sebanyak 23 desa. Petahana yang menang berjumlah 2 orang dan 21 desa dimenangkan calon baru. (BR6/F4/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com