Pemerintah Daerah Diminta Laksanakan Percepatan Realisasi APBN dan APBD


159 view
Pemerintah Daerah Diminta Laksanakan Percepatan Realisasi APBN dan APBD
Foto: Istimewa
Ilustrasi
Binjai (SIB)
Pemerintah Daerah diminta melaksanakan percepatan realisasi APBN dan APBD. Hal itu disampaikan Presiden RI Joko Widodo pada Sidang Kabinet Paripurna dan diteruskan Menteri Dalam Negeri, Jenderal Polisi (Purn) Prof Drs H Muhammad Tito Karnavian.

Rapat Koordinasi Evaluasi Penyerapan Anggaran Daerah Tahun 2021 secara virtual, Senin (22/11).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Binjai H Irwansyah SSos yang mengikuti rapat secara virtual dari Ruang BBC Kantor Wali Kota Binjai mengatakan Rapat Koordinasi itu diikuti Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, gubernur dan bupati/wali kota se-Indonesia.

Mendagri yang memimpin rapat itu menjelaskan bahwa perlu mewaspadai risiko perkembangan ekonomi global terhadap perekonomian Indonesia, mendorong realisasi investasi, serta pengembangan ekonomi hijau dan transisi ke energi terbarukan juga perlu dilakukan.

“Pertumbuhan ekonomi di Indonesia Triwulan III 3,51 persen. Untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi akhir tahun 2021 sebesar 5 persen, diperlukan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah untuk mendorong percepatan realisasi belanja APBN dan APBD. Kemendagri mendapat tugas untuk memantau dan mengevaluasi realisasi APBD yang masih rendah pada pemerintah daerah di Indonesia,” ujar Tito.

Selanjutnya, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, menyampaikan pada Triwulan III 2021 momentum pemulihan ekonomi tetap terjaga meskipun aktivitas ekonomi tertahan oleh penyebaran kasus varian delta Covid -19.

Kinerja perekonomian nasional mampu kembali tumbuh positif. Sektor-sektor utama seperti industri pengolahan, pertanian, perdagangan dan konstruksi mencatatkan kinerja pertumbuhan yang positif.

“Ke depan, diharapkan tren pemulihan akan terus berlanjut dengan kinerja pertumbuhan yang diproyeksikan tumbuh menguat di triwulan IV. Meskipun kondisi pandemi kini relatif terkendali, namun kewaspadaan tetap harus dijaga,” imbuhnya. (A6/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com