Pemerintah Diharapkan Kaji Ulang Kebijakan Pembatasan Pembelian BBM


239 view
Pemerintah Diharapkan Kaji Ulang Kebijakan Pembatasan Pembelian BBM
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/aww
Ilustrasi.

Pematangsiantar (SIB)


Pembatasan pembelian BBM (Bahan Bakar Minyak) akan berpengaruh terhadap berbagai jenis kegiatan usaha. Misalnya, biro jasa angkutan umum/ barang, biro perjalanan dan travel akan merasakan dampak langsung pembatasan tersebut. Pemerintah melalui PT Pertamina diharapkan dapat mengkaji ulang kebijakan tersebut.

Pengamat Perencanaan Pembangunan Wilayah Robert Tua Siregar PhD yang juga dosen STIE Sultan Agung, Rabu (21/9) menguraikan sekilas efek domino kebijakan pembatasan pembelian BBM. Dia mengatakan, jika beberapa perusahaan tersebut tidak mendapatkan BBM yang cukup maka dimungkinkan ada penurunan aktivitas dan selanjutnya pengurangan tenaga pekerja yang muaranya terjadi pengangguran.

Ketika semua sektor usaha terkena dampak pembatasan pembelian BBM, akibat lanjutannya akan banyak tenaga kerja kehilangan mata pencaharian menetap, akhirnya daya beli masyarakat melemah.

“Sebagaimana diketahui, penopang utama pertumbuhan ekonomi nasional adalah komsumsi. Ketika daya beli masyarakat melemah akan mempunyai dampak terhadap pada kelangsungan industri nasional,” jelas Siregar.

Berdasarkan informasi yang diketahui dikatakan, PT Pertamina memastikan tak ada lagi pembelian BBM bagi kenderaan yang sudah melebihi batas volume pembelian setiap hari. Secara sistim akan dikunci, pompa tidak dapat aktif untuk pengisian kembali.

Diakui, kebijakan pembatasan pembelian BBM tersebut memiliki perspektif baik bagi masyarakat, lebih bertanggungjawab dalam penggunaan BBM. Namun, di sisi lain mempunyai dampak negatif terhadap kelangsungan usaha transportasi darat jarak jauh, mobilitas armada bisa menurun.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com