Pemerintah Diminta Pastikan Waktu Pembayaran Insentif Nakes Vaksinasi Covid-19 di Langkat


164 view
Pemerintah Diminta Pastikan Waktu Pembayaran Insentif Nakes Vaksinasi Covid-19 di Langkat
SHUTTERSTOCK/ELDAR NURKOVIC
Ilustrasi tenaga kesehatan (nakes), tenaga medis, pekerja medis. Garda depan penanganan Covid-19.
Langkat (SIB)
Pemerintah diminta pastikan kapan waktu pembayaran insentif tenaga kesehatan (Nakes) tim vaksinasi Covid-19 di Langkat. Para Nakes, selaku garda terdepan dalam pelaksanaan vaksinasi maupun penanganan pasien Covid-19, mereka pantas mendapat perhatian lebih dari pemerintah, ujar pemerhati sosial di Teluk Aru, Budi Syah kepada SIB, Rabu (17/11) di Pangkalan Brandan.

Dikatakan, sembilan bulan belum juga menerima haknya, itu sulit diterima akal sehat dan terkesan mengabaikan nasib para Nakes tersebut. Apalagi di tengah situasi pandemi Covid-19 lanjutnya, yang belum diketahui kapan akan berakhir membuat para Nakes masih terus bekerja keras guna melindungi masyarakat dari sebaran virus yang mematikan itu.

Tunggakan pembayaran insentif dengan waktu yang cukup lama hingga mencapai sembilan bulan, kata dia, itu mencerminkan ketidakadilan terhadap ratusan Nakes yang bertugas di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas se-Kab Langkat.

Dana insentif, selain memenuhi kebutuhan keluarga para Nakes, kata dia, juga mendukung kelancaran operasional mereka turun ke desa-desa untuk percepatan vaksinasi Covid-19.

Untuk itu, diminta kepada pemerintah, untuk memastikan pembayaran insentif yang dijanjikan kepada petugas kesehatan secara tepat waktu, ujarnya.

Sebelumnya dikonfirmasi wartawan, Plt Kepala Dinas Kesehatan Langkat, dr Juliana mengatakan, insentif para Nakes tim Vaksinasi Covid-19 secepatnya akan dibayar, tapi dia tidak menyebutkan kapan waktunya yang pasti. (A11/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com