Pemerintah Harus Tegas Soal Larangan Mudik


166 view
Pemerintah Harus Tegas Soal Larangan Mudik
Foto Dok/Badikenita br Sitepu
Badikenita br Sitepu
Jakarta (harianSIB.com) -Soal larangan mudik menjelang lebaran tahun ini sangat dibutuhkan ketegasan pemerintah pusat dan diikuti pemerintah provinsi, kabupaten dan kota.

Kalau ada pembatasan penerbangan misalnya, harus ada koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah, karena yang diputus adalah hubungan antar daerah.

Anggota DPD RI Badikenita br Sitepu mengatakan hal itu dalam diskusi bertema "Peran Daerah Antisipasi Larangan Mudik Lebaran 2021", Rabu (28/4/2021), di Gedung Perlemen Senayan, Jakarta, didampingi Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Benni Irwan dan pengamat kebijakan publik Universitas Trisaksi Turubus Rahadiansyah.

Senator dari Dapil Sumut ini mengatakan, setelah pemerintah pusat mengeluarkan larangan mudik, seharusnya diikuti daerah melalui peraturam gubernur (pergub), peraturan bupati (perbup) dan peraturan wali kota (Perwalkot).

Menurut Badikenita, koordinasi antar daerah juga harus dilakukan secara bijak dan kalau terjadi pelanggaran harus ditindak dengan tegas.

Seperti terjadi di India, dengan alasan upacara keagamaan lalu beramai-ramai ke Sungai Gangga, yang mengakibatkan ratusan ribu orang meninggal setiap hari sebagai akibat penambahan Covid.

“Kita juga sudah berbudaya, setahun sekali mudik, tetapi harus mencegah penyebaran Covid,“ kata Badikenita sambil menambahkan kebiasaan mudik ini harus dilihat efeknya supaya tidak terjadi penyebaran dan penambahan Covid.

Kalau virusnya sudah ada yang bermutasi, bisa berakibat bencana yang lebih besar. Mungkin, sudah banyak yang divaksin tetapi belum bisa dijamin langsung efektif. Atau serta merta membuat kita tidak tertular virus lagi.

Badikenita menambahkan, bisa juga dilihat di New Zealand dan Australia, begitu ada pelanggaran kasus langsung dilakukan tindakan block atau areanya disterilkan. (*)

Penulis
: Jamida P Habeahan
Editor
: Donna Hutagalung
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com