Pemerintah Kecamatan Pahae Jae Gelar Lomba Story Telling untuk Tingkat SD


141 view
Pemerintah Kecamatan Pahae Jae Gelar Lomba Story Telling untuk Tingkat SD
(Foto : Dok / Camat Pahae Jae)
Foto Bersama: Camat Pahae Jae, Redianto Sinaga foto bersama dengan peserta peraih juara lomba Story Telling tingkat SD se Kecamatan Pahae Jae. 
Tapanuli Utara (harianSIB.com)
Untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa sejak dini, Pemerintah Kecamatan Pahae Jae melakukan lomba Story Telling atau menceritakan sebuah cerita untuk tingkat SD se-Kecamatan Pahae Jae, Senin (11/10/2021)

Seperti dilaporkan jurnalis koran SIB Bongsu Batara Sitompul, tema kegiatan lomba tersebut yakni, 7 tahun pengabdian Bupati Taput Nikson Nababan di Kabupaten Taput. Kegiatan itu diikuti 14 SD di Pahae Jae yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Pahae Jae.

Paparan cerita yang disampaikan dalam tiga campuran bahasa, baik bahasa batak, bahasa Indonesia, maupun bahasa Inggris mampu menarik perhatian pendengar di dalam aula.

Seluruh peserta yang tampil memukau memaparkan ceritanya akan keberhasilan Bupati Taput Nikson dalam memajukan Kecamatan Pahae Jae.

Camat Pahae Jae, Redianto Sinaga menjelaskan, kegiatan lomba yang digelar untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa sejak dini. Hasil studi "the world's most literate Nations" menyatakan tingkat literasi Indonesia berada diperingkat ke-60 dari 61 negara. Survey PISA yang dirilis OECD tahun 2019, tingkat literasi kita berada diperingkat 10 dari 70 negara

"Melalui kegiatan ini, kita berharap minat baca siswa semakin bertumbuh, memiliki daya kreativitas yang semakin berkembang, serta memicu rasa percaya diri, dan untuk membentuk kemampuan berkomunikasi yang baik sejak dini,"katanya.

Menurutnya, hasil studi the world’s most literate Nations menyatakan tingkat literasi Indonesia berada diperingkat ke-60 dari 61 negara.

"Hasil tersebut semakin memprihatinkan, karena menurut UNESCO minat baca masyarakat Indonesia hanya 0.001 yang artinya dari 1000 orang, hanya 1 org yang rajin membaca. Akibatnya, daya saing SDM kita tidak kompetitif karena kurangnya kemampuan literasi, " terangnya.

"Dari hasil kegiatan lomba ini, yang meraih Juara I, Engly Pakpahan siswi SD 164575 Sarulla, Juara II Jeremia Siahaan siswi SD 173234 Sarulla dan Juara ke III diraih oleh Sandi Laguna Sihombing dari SD 173237 Pangaloan, " jelasnya.

Adapun dewan juri dari kegiatan lomba tersebut yakni, Koorwil Pendidikan Pahae, Altiasi Sihombing dari UPT Perpustakaan, Hetty Sitompul dan drTriyana Simatupang dari UPT Puskesmas Pahae Jae. (*)

Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com