Pemkab Batubara Prioritaskan 3 Program Unggulan

* Pendidikan Mendapat Perhatian Ekstra

184 view
Pemkab Batubara Prioritaskan 3 Program Unggulan
Foto: Dok/Ilyas
Bupati Batubara Zahir saat memberikan sambutan ketika menerima APKASI di Medan, Minggu (2/5).
Batubara (SIB)
Bupati Batubara Zahir menyebutkan, ada tiga prioritas program unggulan pemerintah daerah saat ini di antaranya bidang pendidikan, kesehatan dan pertanian. Khusus pendidikan, sangat diberikan perhatian ekstra, karena kelak akan melahirkan penerus sumber daya manusia yang aktif dan produktif.

Hal tersebut disampaikan Zahir ketika menerima Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Medan, Minggu (2/5). Pertemuan itu, membahas program kegiatan bidang pendidikan dan kesehatan.

Disebutkan, salah satu bentuk perhatian Pemda terhadap bidang pendidikan adanya alokasi anggaran untuk program kegiatan beasiswa, pemenuhan berbagai aplikasi pembelajaran terutama dimasa pandemi Covid-19 ini dibawah naungan Dinas Pendidikan dan telah melaksanakan belajar tatap muka terbatas sejak 7 September 2020 sampai dengan sekarang.

Menurut Zahir, Kabupaten Batubara berbeda dengan kabupaten/kota lainnya. Daerah ini ditepian pantai. Semakin lama anak-anak belajar dengan pola pembelajaran jarak jauh (PJJ), bisa berakibat kurang baik bagi mereka, karena bukan hanya kehilangan pembelajaran, namun dapat kehilangan karakternya yang bukan tidak mungkin akan mengakibatkan jumlah anak putus sekolah dengan berbagai alasan akan bertambah.

Kata dia, sebagian orang tua jika anaknya berada dirumah menyebutnya bukan sekolah. Mereka belum paham benar apa PPJ, oleh karenanya orangtua mengajak anak ikut bekerja membantu meringankan beban ekonomi keluarga karena kondisi PJJ tidak optimal yang juga bisa mengakibatkan persepsi orangtua berubah dalam peran sekolah dalam proses pembelajaran yang tidak optimal.

Karenanya, ancaman putus sekolah semakin nyata di Kabupaten Batubara. Belum lagi sekolah swasta yang pembiayaannya banyak dari peserta didik juga akan semakin terganggu".sebut Bupati.

Dia menambahkan, keselamatan dan kesehatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga dan masyarakat tetap merupakan prioritas dan tetap menjadi perhatian pemerintah dalam menetapkan kebijakan pembelajaran dimasa pandemi ini.

Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan Himatul Hasanah menjelaskan, peran pihaknya dalam bidang pendidikan guna peningkatan dan kualitas pendidikan. Menurutnya, APKASI adalah mitranya pemerintah, sehingga pihaknya sangat memungkinkan membantu pemerintah untuk pekerjaan yang belum terlaksanakan.

Untuk mengimplementasikan beberapa program unggulan APKASI bidang pendidikan dan kesehatan, menurutnya, perlu dukungan dari kepala daerah dan segera diikuti dinas terkait.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Batubara Ilyas Sitorus mengatakan, audensi ini sebagai tindaklanjut kepengurusan yang baru ditubuh APKASI, dimana salah satu bidang diketuai oleh Bupati Batubara Zahir. Dinas Pendidikan bersama jajarannya akan menindaklanjuti program unggulan APKASI melalui bidang pendidikan dan kesehatan.

Ilyas menyakini, program peningkatan mutu guru yang ditawarkan ini sangat membantu guru-guru di Batubara, oleh karenanya Dinas Pendidikan akan menjadikan hasil audensi ini sebagai salah satu program pihaknya akan ditindaklanjuti segera. (E7/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com