Pemkab Dairi Gelar Uji Coba PTM Terbatas


177 view
Pemkab Dairi Gelar Uji Coba PTM Terbatas
Foto Dok
Jonni Waslin Purba
Sidikalang (SIB)
Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi menggelar uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Sidikalang.

Kepala Dinas Pendidikan Dairi, Jonni Waslin Purba, Rabu (8/9) di gedung Sekretariat DPRD Dairi mengatakan, uji coba dilakukan melihat kesiapan sarana dan prasarana protokol kesehatan (Prokes) sekolah di masa pandemi Covid-19, dan kesiapan Satgas sekolah. Pada uji coba itu jumlah siswa per kelas diketuai hanya 11 orang dan waktu pembelajaran hanya dua jam.

Dari hasil uji coba, belum ada keseragaman peralatan Prokes yang dibawa siswa misalnya, ada siswa memakai faceshield tetapi tidak bawa hand sanitizer dan ada hanya memakai masker. Peran orangtua untuk memenuhi kebutuhan Prokes untuk anak ke sekolah, juga sangat dibutuhkan.

Memang sekolah sudah menyiapkan sarana dan prasana Prokes untuk melaksanakan tatap muka terbatas, yang bersumber dari bantuan operasional sekolah (BOS). Sampai saat ini, sudah hampir 90 persen sekolah siap melaksanakan PTM terbatas dari segi peralatan.

PTM terbatas akan dilaksanakan bulan ini, setelah Intruksi Bupati Dairi No. 188.5/5214 tahun 2021 berakhir. Pihaknya sudah menyiapkan petunjuk teknis (Juknis) dan petunjuk pelaksanaan (Juklak) pelaksanaan PTM.

Pelaksanaan PTM terbatas, guru harus sudah divaksin. Saat ini, sekitar 80 persen dari guru dan tenaga kependidikan sudah mengikuti vaksinasi. Pelaksanaan pembelajaran tatap muka di kelas, guru diwajibkan memakai faceshield.

Evaluasi Prokes pelaksanaan PTM terbatas, Satgas Covid-19 sekolah akan berkoordinasi dengan Satgas desa/ kelurahan dan petugas fasilitas kesehatan terdekat.(B03/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com