Pemkab Dairi Tidak Tebang Pilih Tertibkan APK/APS dan Atribut Pemilu 2024


411 view
Pemkab Dairi Tidak Tebang Pilih Tertibkan APK/APS dan Atribut Pemilu 2024
Foto: Dok/SIB/Tulus
BERI KETERANGAN: Sekda Dairi Surung Charles Banchin, didampingi Asisten 1 Setda Dairi, Jonny Hutasoit dan Kadis Kominfo, Anggara Sinurat memberi keterangan terkait penertiban APK/ APS Pemilu 2024, Sabtu (3/2/2024), di Diskominfo Dairi.
Sidikalang (harianSIB.com)
Pemkab Dairi menegaskan tidak tebang pilih dalam penertiban alat peraga kampanye (APK) dan alat peraga sosialisasi (APS) Pemilu 2024, yang dipasang di tempat tertentu.

Penertiban APK dan APS dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Dairi, menindaklanjuti surat dari Bawaslu Dairi tanggal 11 dan 20 Januari 2024, yang meminta Sat Pol PP dan Dinas Lingkungan Hidup menertibkan APK/APS dan atribut di sepanjang jalan protokol.

"Kami mengimbau dan bermohon kepada semua parpol untuk tetap menjaga kondusifitas dan menjalankan ketentuan Peraturan KPU dan peraturan lainnya," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Dairi, Surung Charles Banchin, didampingi Asisten 1 Setda Dairi, Jonny Hutasoit dan Kadis Kominfo, Anggara Sinurat Sabtu (3/4/2024), di Diskominfo Dairi.

Surung menjelaskan penertiban APK/APS dilakukan Pol PP Dairi di sekitaran Gedung Djuali Manik/median Jalan Sisingamangaraja Sidikalang, Jumat (2/2/2024), sekitar pukul 16.00 WIB-18.00 WIB.

Pada pukul 16.00 WIB, dilanjutkan di sekitaran Gedung Djauli Manik yaitu APK/APS dan atribut lainnya dari pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor 03 dan partai pendukung yaitu PDIP.

Selanjutnya, pada pukul 17.00 WIB, penertiban APK/APS dan atribut pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor 02 yakni Partai Golkar dan partai pendukung lainnya.

"Penertiban dilakukan bertahap karena keterbatasan personel Sat Pol PP Dairi. Kemudian untuk menginventarisir APK/APS serta atribut, sehingga bisa dikumpulkan sesuai partai ataupun paslon presiden dan wakil presiden. Kemungkinan APK/APS masih bisa diambil pihak partai," kata Surung.

Diakuinya, penertiban terlebih dahulu dilakukan pada APK/APS PDIP untuk memudahkan tim mengumpulkan/ menyimpannya. Kamudian kembali dilakukan penertiban APK/APS partai lainnya.

"Penertiban dilakukan bertahap di mana atribut Partai Golkar belakangan ditertibkan, karena adanya kampanye paslon presiden dan wakil presiden nomor 02 di Gedung Djauli Manik Sidikalang," katanya.

Surung menambahkan sesuai PKPU No 15 Tahun 2023 Pasal 70 jo Keputusan KPU 285 Tahun 2023, APK/APS dilarang dipasang di rumah ibadah, rumah sakit, tempat pendidikan meliputi gedung, halaman sekolah dan perguruan tinggi, gedung atau fasilitas milik pemerintah, jalan protokol dan jalan bebas hambatan.

Sat Pol PP Dairi juga sudah menyurati partai politik untuk melakukan penertiban APK/APS sendiri. Hal itu sebagai tindaklanjut surat Bawaslu Dairi.

"Kami selaku Pemkab Dairi memberikan informasi dan keterangan yang benar agar tidak simpang siur. Menegaskan Pemkab Dairi tetap memberikan perlakuan yang sama pada setiap partai politik," kata Surung. (**)


Penulis
: Koran SIB/Tulus
Editor
: Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com