Pemkab Karo Perpanjang PPKM Level 3 Hingga 23 Agustus


415 view
Pemkab Karo Perpanjang PPKM Level 3 Hingga 23 Agustus
Foto/SIB/Dok
Kadis Kominfo Karo, Jhonson Tarigan.

Karo (harianSIB.com)


Pemerintah Kabupaten Karo memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 hingga 23 Agustus 2021.


"Perpanjangan itu sesuai keputusan pemerintah pusat melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri. Pemkab Karo menindaklanjuti instruksi itu dengan menerbitkan Instruksi Bupati Karo Nomor 360/1593/BPBD/2021 tentang PPKM Level III dan mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian Covid-19 di kabupaten," kata Kadis Kominfo Karo, Jhonson Tarigan melalui aplikasi pesan kepada jurnalis Koran SIB, Sonry Purba, Rabu (11/8/2021).


Ia mengatakan, makan/minum di tempat umum (restoran, kedai kopi, rumah makan, kafe, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya baik yang berdiri di lokasi sendiri maupun di pusat perbelanjaan/mal) diberlakukan ketentuan makan/minum di tempat paling banyak 50 persen kapasitas, pembatasan jam operasional sampai pukul 20.00 WIB.


Sedangkan layanan pesan-antar atau delivery/dibawa pulang atau take away diizinkan dengan pembatasan jam operasional sampai pukul 20.00 WIB. Restoran yang hanya melayani pesan-antar/dibawa pulang dapat beroperasi hingga pukul 24.00 WIB dan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat.


Terkait tempat ibadah, kata dia, khusus yang wilayah zona merah seperti Kecamatan Kabanjahe, Kecamatan Berastagi, Desa Tigapanah, Kecamatan Tigapanah dan Desa Sukajulu Kecamatan Barusjahe, tidak mengadakan kegiatan peribadatan/keagamaan berjemaah sementara waktu dan lebih mengoptimalkan pelaksanaan ibadah di rumah.


Lebih lanjut dikatakannya, kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan (prokes) dalam memakai masker dan menjaga jarak masih menjadi catatan penting yang harus diperhatikan seluruh pihak.


"Kepatuhan protokol kesehatan penting untuk menekan risiko terpapar Covid-19," katanya. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com