Pemkab Karo Tak Berdaya Atasi Pungli ke Pemandian Air Panas


3.355 view
Pemkab Karo Tak Berdaya Atasi Pungli ke Pemandian Air Panas
Foto Dok/Cory Br Sebayang
Bupati Karo, Cory Br Sebayang
Karo (harianSIB.com)
Pariwisata Kabupaten Karo kembali menjadi tercoreng dan meresahkan wisatawan yang berkunjung ke destinasi tujuan wisata khususnya pemandian air panas, Desa Semangat Gunung, Kecamatan Simpang Empat, Karo.

Dalam pekan terakhir, kembali beredar video pengunjung yang keberatan akibat dipungut biaya masuk sebanyak dua kali. "Lima ribu rupiah per orang tiap pos pengutipan. Ada dua kubu yang melakukan pengutipan," sebut pengunjung yang mengaku juga pegiat pariwisata di Kota Medan.

Sebelumnya, data yang ada di SIB, pada bulan Juni lalu, hal yang sama juga terjadi. Bahkan, saat itu, pengunjung berujung cekcok dengan oknum yang melakukan pungutan liar. Saat itu oknum warga yang melakukan pengutipan beralaskan peraturan desa (Perdes) yang tidak sesuai ketentuan.

"BUMDes sesuai Perdes nomor 5 Desa Doulu," demikian bunyi tiket masuk yang diberikan kepada pengunjung. Setelah dicek, ternyata Perdes nomor 5 itu hanya mengatur tentang ketentuan losd desa dan air minum.

Menanggapi hal itu, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karo, Kamis (19/8/2021), Munarta Ginting, mengaku sudah pening. Sepertinya pihaknya tidak lagi berdaya mengatasi Pungli itu. Ia mengharapkan pengutipan itu dihentikan oleh oknum oknum yang melakukan pengutipan. "Sudah mencoreng pariwisata kita di mata wisatawan," katanya.

Sementara Bupati Karo, Cory Sebayang, dalam keterangannya kepada wartawan termasuk Jurnalis Koran SIB Marlinto Sihotang, persis pada HUT ke 76-RI, mengatakan pihaknya akan selalu mencari solusi terkait pungli ke pemandian air panas Raja Berneh Desa Semangat Gunung. "Kita prihatin dengan adanya pungli pungli masuk DTW di Kabupaten ini," katanya.

Ia pun mengharapkan kiranya instansi aparat penegak hukum terkait mampu menindak oknum oknum pelaku pungli. "Kita akan segera tindak. Dan semoga pihak Polres Karo harus menangani itu," harapnya.(*)

Editor
: Robert/Bantors
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com