Pemkab Labuhanbatu Gelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD 2022


255 view
(Foto: Dok/Diskominfo)
KONSULTASI PUBLIK : Plh Bupati Labuhanbatu M Yusuf Siagian (2 kiri) didampingi Kepala Bappeda Hobol Zulkifli Rangkuti (kanan) dan narasumber Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, Abdul Haris (2 kanan), membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD (Rencana Kerja Perangkat Daerah) tahun 2022, Senin (1/3), di ruang data dan karya kantor bupati, Jalan Sisingamangaraja Rantauprapat. 
Labuhanbatu (SIB)
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu menggelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD (Rencana Kerja Perangkat Daerah) tahun 2022, Senin (1/3), di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati, Jalan Sisingamangaraja Rantauprapat. Konsultasi publik diadakan untuk mencapai kesepakatan dalam pembangunan dan pemulihan ekonomi setelah pandemi virus corona.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Hobol Zulkifli Rangkuti menyebut konsultasi publik bertema: Percepatan pemulihan perekonomian, sumber daya manusia, dan pelayanan publik pasca pandemi Covid-19 menuju Labuhanbatu maju dan berdaya saing.

"Dasar pelaksanaannya, Undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 86 tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah," jelas Hobol.

Hobol juga menyebut, tujuan penyelenggaraan forum konsultasi publik untuk memperoleh saran dan masukan sebagai bahan penyusunan rancangan awal RKPD tahun 2022. Kemudian untuk menindaklanjuti sasaran dan prioritas perencanaan pembangunan daerah, program pembangunan daerah dan indikator kinerja yang disesuaikan dengan pagu indikatif.

Plh Bupati Labuhanbatu M Yusuf Siagian saat membuka forum diskusi publik, mengajak seluruh aparatur pemerintahan daerah Kabupaten Labuhanbatu untuk selalu bersikap optimis dalam situasi pandemi Covid-19 yang masih mewabah dan menimbulkan dampak hampir terhadap seluruh sektor, di antaranya kesehatan, pendidikan perekonomian, tenaga kerja, penyelenggaraan pemerintahan dan lain sebagainya.

"Pembangunan pada dasarnya adalah proses perubahan berbagai aspek kehidupan menuju kondisi yang lebih baik. Undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional mengamanatkan adanya keterpaduan antara aspek, politisi, teknokratis dan aspiratif," ungkapnya.

Dia menjelaskan, tahapan konsultasi publik ini merupakan rangkaian dari proses penyusunan rencana kerja pemerintah daerah secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi, guna mengoptimalkan hasil pembangunan.

"Untuk itu partisipasi masyarakat, khususnya dalam proses perencanaan merupakan hal yang sangat penting dalam menyempurnakan rencana kerja pemerintah daerah yang sedang disusun," sebut Plh bupati.

Ia juga mengimbau seluruh peserta konsultasi publik ini agar sungguh-sungguh berdiskusi dan berkonsultasi, sehingga memberi manfaat yang besar bagi masyarakat dan pembangunan Kabupaten Labuhanbatu.

Narasumber Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, Abdul Haris memaparkan tentang pemulihan ekonomi. Ia mengharapkan tahun 2022 menjadi tahun pertama lepas dari tekanan Covid-19, yang merupakan tahun kunci pemantapan pemulihan ekonomi. (E5/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com