Pemkab Labuhanbatu Ikuti Rakor Pengawasan Bersama Mendagri dan KPK


168 view
Pemkab Labuhanbatu Ikuti Rakor Pengawasan Bersama Mendagri dan KPK
(Foto: Dok/Diskominfo)
RAKOR: Pj Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang, Asisten Pemerintahan Sarimpunan Ritonga, Asisten Umum dan Keuangan Zaid Harahap, Plt Inspektur dan Kepala BPKAD Indra Sila, mengikuti rakor pengawasan penyelenggaraan Pemda bersama Mendagri dan Ketua KPK, Selasa (31/8), di Kantor Bupati Labuhanbatu, Jalan Sisingamangaraja Rantauprapat. 
Rantauprapat (SIB)
Pemkab Labuhanbatu mengikuti rapat koordinasi terkait pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah (Pemda) bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Ketua KPK Firli Bahuri, Selasa (31/8), di Kantor Bupati Labuhanbatu, Jalan Sisingamangaraja Rantauprapat.

Penjabat (Pj) Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang, Asisten Pemerintahan Sarimpunan Ritonga, Asisten Umum dan Keuangan Zaid Harahap, Plt Inspektur dan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Indra Sila, menghadiri rakor bersama Monitoring Centre Prevention (MCP) Pencegahan Korupsi oleh Kemendagri, KPK, dan BPKP secara daring.

Mendagri Muhammad Tito Karnavian pada kesempatan itu menjelaskan bahwa rakor ini merupakan tindaklanjut dari Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

"Monitoring Centre for Prevention (MCP) yang merupakan sistem kerja sama pencegahan tindak pidana korupsi," sebutnya.

Ketua KPK Firli Bahuri menyebut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengoordinasikan dan menyelaraskan kewenangan yang dimiliki Kemendagri dan melibatkan seluruh perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) di daerah untuk melakukan monitoring, pendampingan dan pengawasan atas implementasi 8 area perbaikan tata kelola pemeribtah daerah.

"KPK mengkoordinasikan dengan menyelaraskan kewenangan yang dimiliki kemendagri dan melibatkan seluruh perwakilan BPKP di daerah untuk melakukan monitoring, pendampingan dan pengawasan atas implementasi delapan area perbaikan tata kelola Pemda yang terangkum dalam MCP," jelas Ketua KPK Firli Bahuri dalam sambutannya melalui konferensi video. (E5/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com