Pemkab Labuhanbatu Peringati Hari Menabung, Ajak Pelajar Gemar Menabung


222 view
Pemkab Labuhanbatu Peringati Hari Menabung, Ajak Pelajar Gemar Menabung
(Foto: Dok/Diskominfo)
HARI MENABUNG : Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Labuhanbatu, Drs Ikramsyah Putra Nasution, Asisten Pemerintahan dan Kesra serta Kanan Litbang Zuhri MSi foto bersama siswa-siswa penerima hadiah pada peringatan Hari Menabung Indonesia, Senin (29/8), di Gedung Nasional Rantauprapat. 

Rantauprapat (SIB)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu mengajak pelajar gemar menabung.

Pelajar dari tingkat SD hingga SLTA disarankan membudayakan menabung sejak dini untuk belajar hidup hemat dan mempersiapkan masa depan.

Ajakan untuk gemar menabung tersebut disampaikan bupati melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Labuhanbatu, Drs Ikramsyah Putra Nasution pada peringatan Hari Menabung Indonesia, Senin (29/8), di Gedung Nasional Rantauprapat.

"Tujuan menabung sejak dini adalah untuk mengajarkan kepada kita mengenai konsep mengelola uang dengan baik, menumbuhkan rasa sadar bahwa memperoleh uang bukanlah sesuatu yang mudah, dan mengenalkan manfaat menabung sejak dini," sebut Ikramsyah.

Dia menyebutkan, menabung bisa di mana saja. Menabung di bank maupun secara swadaya di rumah masing-masing. Namun lebih aman jika menabung di bank.

"Menabung dapat meningkatkan taraf kesejahteraan kita di masa depan dan melatih diri untuk hidup hemat. Kita bisa mewujudkan cita-cita dengan menabung," ujarnya.

Pimpinan Bisnis Bank Sumut Cabang Rantauprapat, Rudi Asrul Hakim, menjelaskan setiap 20 Agustus diperingati sebagai Hari Indonesia Menabung, berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) nomor 26 tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung.

"Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama kementerian dan lembaga terkait serta lembaga jasa keuangan formal terus bersinergi dalam melakukan berbagai program sebagai bentuk kampanye peningkatan kesadaran masyarakat terhadap inklusi keuangan dan upaya menumbuhkan budaya serta mendorong masyarakat untuk menabung sejak dini," sebutnya.

"Dengan budaya menabung sejak dini melalui simpanan pelajar kita akan terus menanamkan kebiasaan produktif dan menanamkan kebiasaan perencanaan masa depan yang lebih baik. Semua perlu direncanakan dengan diawali memiliki tabungan. Rajinlah menabung dan rajinlah berinvestasi," ucap Rudi.

Rudi menjelaskan, Bank Sumut yang merupakan bank milik pemerintah daerah hadir saat ini untuk memberikan semangat baru dengan menyediakan fasilitas tabungan bagi pelajar, bernama Simpel (simpanan pelajar).

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com