Pemkab Labuhanbatu Sosialisasikan UU Kekerasan Seksual


264 view
Pemkab Labuhanbatu Sosialisasikan UU Kekerasan Seksual
Foto: Dok/Diskominfo
SOSIALISASI UU KEKERASAN SEKSUAL: Staf Ahli Bupati Labuhanbatu Jumingan, foto bersama sebagian peserta sosialisasi Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual, dari organisasi perangkat daerah, kejaksaan, Polres dan TP PKK dan Dharma Wanita, setelah membuka sosialisasi tersebut, Selasa (21/6), di Aula Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Labuhanbatu. 

Rantauprapat (SIB)

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu menyosialisasikan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual.

Sosialisasi UU baru itu diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPA), Selasa (21/6), di Aula Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), diikuti pejabat dari masing-masing organisasi perangkat daerah.

"Kekerasan seksual merupakan pelanggaran hak asasi manusia, kejahatan terhadap martabat kemanusiaan serta bentuk diskriminasi yang harus dihapuskan," tegas Bupati Labuhanbatu yang disampaikan Staf Ahli Bupati, Jumingan, saat membuka sosialisasi tersebut.

Jumingan mengatakan, selama ini ada peraturan perundang-undangan yang mengatur beberapa bentuk kekerasan seksual, namun sangat terbatas bentuk dan ruang lingkupnya, sehingga pemerintah mengeluarkan UU No.12/2022.

"Sosialisasi undang-undang terbaru ini memberitahukan bahwa Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2022 adalah upaya pembaharuan hukum untuk mengatasi berbagai persoalan terkait kekerasan seksual. Dalam hal ini diperlukan upaya dan keterlibatan masyarakat, sehingga dapat menjamin kepastian hukum. Semoga dengan adanya sosialisasi ini, Undang-undang ini dapat diterapkan di Kabupaten Labuhanbatu," ujar Jumingan. (E5/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com