Pemkab Langkat Terima Peninggalan Budaya dari Balai Arkeologi Sumut


201 view
Pemkab Langkat Terima Peninggalan Budaya dari Balai Arkeologi Sumut
Foto Dok/ Diskominfo Lkt
KOLEKSI: Kepala Balai Arkeologi Sumatera Utara, Dr.Ketut Wiradnyana bersama Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Langkat, Hj Nur Elly Heriyani Rambe menujukkan bukti penyerahan koleksi peninggalan budaya untuk Muesum Daerah Langkat baru baru ini .
Langkat (SIB)
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Langkat telah menerima hibah koleksi museum dari Balai Arkeologi Sumatera Utara di Kantor Balai Arkeologi Sumatera Utara Medan. Koleksi benda purba kala itu dititip di Museum Daerah Langkat .

Koleksi museum dari peninggalan budaya Langkat berupa alat batu dan manik-manik kuno sebanyak 195 unit itu diserahkan Kepala Balai Arkeologi Sumatera Utara, Dr. Ketut Wiradnyana kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Langkat, Rabu (14/4) lalu.

"Dengan adanya penambahan koleksi Museum Daerah Langkat diharapkan mampu mengembangkan wisata Langkat sesuai harapan kita semua," sebut Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Langkat, Hj Nur Elly Heriyani Rambe, Minggu (18/4).

Hj. Nur Elly mengucapkan terimakasih dan menjelaskan peninggalan budaya itu ditemukan di wilayah Langkat dari situs Bukit Kerang yang berada di Desa Sukajadi Kecamatan Hinai, Langkat. Sedangkan manik-manik kuno, berasal dari Pulau Kampai Kecamatan Pangkalan Susu Langkat.

Dari penemuan itu, sebut Nur Elly, Bukit Kerang Sukajadi menjadi bukti adanya sejarah kehidupan manusia purba ras Australomelanesia di Langkat. "Yakni dengan hasil pertanggalan radio karbon 12.885 +- 131 tahun BP (tahun sebelum sekarang) dan 7.340 +- 360," paparnya.

Sedangkan manik-manik kuno itu tersebut, jelasnya, menunjukkan adanya aktivitas perdagangan dan industri di Pulau Kampai pada akhir abad 10 M dan awal abad 11 M. "Manik-manik dari Pulau Kampai itu bukan hanya terbuat dari mutiara, namun juga terbuat dari kaca yang memerlukan teknologi untuk memproduksinya," sebutnya. (A-7/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com