Kamis, 13 Juni 2024 WIB

Pemkab Nisbar dan Forkopimda Sepakati Pilkades Ditunda Setelah Pemilu dan Pilkada

Redaksi - Jumat, 27 Januari 2023 21:27 WIB
335 view
Pemkab Nisbar dan Forkopimda Sepakati Pilkades Ditunda  Setelah Pemilu dan Pilkada
Foto: Dok/Dinas Kominfo Nisbar
RAPAT: Rapat koordinasi Pemkab Nisbar dan Forkopimda,  di Ruang Rapat Afo Bappelitbangda, Kamis (26/1/2023). 
Nias Barat (harianSIB.com)
Pemerintah Kabupaten Nias Barat dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sepakat pemilihan kepala desa di Nias Barat ditunda setelah pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah serentak 2024.
Hal ini menindaklanjuti Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 100.3.5.5/244/SJ tanggal 14 Januari 2023 tentang Pelaksanaan Pilkades pada Masa Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024.
Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu mengatakan, ada 4 hal alasan yang menjadi pertimbangan pilkades tidak dapat terlaksana pada 2023 di Nisbar.
Pertama, kata dia, Surat Mendagri memungkinkan daerah melaksanakan pilkades sebelum 1 November 2023 atau setelah Pemilu dan Pilkada serentak 2024.
Kedua, masa jabatan kepala desa berakhir 29 Desember 2023.
Ketiga, keterbatasan alokasi anggaran yang dibutuhkan, karena pemerintah daerah fokus pada pemenuhan anggaran Pemilu dan Pilkada serentak dan keempat ketersediaan PNS yang memenuhi syarat sebagai penjabat kepala desa.
“Berdasarkan hal itu dan memperhatikan saran serta masukan dari Forkopimda, maka pilkades 2023 di Nias Barat ditunda setelah Pemilu dan Pilkada serentak 2024," ujar Khenoki, pada rapat koordinasi dengan Forkopimda, di Ruang Rapat Afo Bappelitbangda, Kamis (26/1/2023).
Sementara itu, Ketua DPRD Nias Barat, Evolut Zebua, mengatakan, pada prinsipnya pelaksanaan pilkades wajib dilaksanakan karena amanat undang-undang. Tapi, yang perlu dipertimbangkan adalah waktu pelaksanaannya yang hampir bersamaan dengan Pemilu dan Pilkada 2024.
Kajari Gunungsitoli Damha mengatakan, yang lebih paham kondisi di daerah adalah pemerintah daerah, yaitu kepala daerah dan ketua DPRD.
Di mana tujuan pilkades agar kondusifitas wilayah dan sistem penyelenggaraan pemerintah dapat terlaksana.[br]


Kesepakatan rapat koordinasi Pemkab Nias Barat dan Forkopimda terkait penundaan pilkades tersebut, dituangkan dalam berita acara dan ditandatangani bersama oleh Bupati Nias Barat dan unsur Forkopimda yang hadir.
Selanjutnya, kesepakatan penundaan pilkades tersebut akan disampaikan kepada Gubernur Sumatera Utara selambat-lambatnya pada minggu pertama Februari 2023.
Unsur Forkopimda yang hadir pada rapat koordinasi tersebut yakni, Kapolres Nias AKBP Luthfi, Dandim 0213/Nias Letkol Martky Jaya Parangingangin dan mewakili Danlanal Nias Mayor Ismail Hamid. (*)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pemkab Nisbar Gelar Upacara Peringatan HGN dan HUT PGRI ke-78
Pemkab Nisbar Buka Penerimaan Jalur Beasiswa Sarjana Untuk 30 Orang
Musrenbang Kecamatan Berakhir, Jembatan Soguna Bazato Jadi Prioritas Utama Pemkab Nisbar
Pemkab Nisbar Terima Penghargaan Universal Health Coverage dari BPJS
Pemkab Nisbar Raih Predikat Menuju Informatif pada Anugerah KIP 2022
Sozisokhi Hia Dilantik Jadi Sekda Definitif Nias Barat
komentar
beritaTerbaru