Pemkab Samosir Bangun GOR, Pemilik Lahan Keberatan


250 view
Pemkab Samosir Bangun GOR, Pemilik Lahan Keberatan
(f:sawangin/mistar)
Bupati Vandiko Gultom melakukan peletakan batu pertama pembangunan GOR Kabupaten Samosir.

Samosir (SIB)

Pemerintah Kabupaten Samosir membangun Gelanggang Olahraga (GOR) di lokasi yang dinilai bermasalah, karena pemilik lahan keberatan.


"Lahan tempat pembangunan GOR tersebut milik ahli waris "Pomparan Op Tatang Sihombing" dengan nomor Registrasi resmi: 148 di Pengadilan Negeri Balige," sebut Dr Tunggul Sihombing MA kepada wartawan, Minggu (25/9) di Pangururan.


Dijelaskannya, mereka telah menguasai lahan dimaksud sekira 350 tahun dan tidak pernah dihibahkan kepada pihak manapun. "Termasuk kepada Pemerintah Kabupaten Samosir," ujarnya.


Oleh karena itu, jika ada seseorang atau siapapun yang mengaku-ngaku bahwa dia menghibahkan lahan dimaksud, tindakan itu adalah tindakan penipuan dan manipulasi.


"Tindakan itu samasekali tidak pernah kami ketahui dan bertentangan dengan hukum," imbuhnya.


Apabila tidak ada solusi dari pihak Pemkab Samosir maka kita akan mengajukan gugatan, sebut Tunggul.


Terkait tindakan Pemkab Samosir itu, pihak Tunggul Sihombing sudah menyurati pemerintah pada 2 Juli 2022.


Dengan adanya surat tersebut pihak Pemkab Samosir melaksanakan pertemuan mediasi pada tanggal 18 Juli 2022 di kantor Pengelolaan Aset Daerah dan tidak ada ditemukan solusi.


Untuk diketahui, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, sudah melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Olahraga (GOR) Kabupaten Samosir di Lumban Sihombing, Desa Hutanamora, Kecamatan Pangururan, baru-baru ini.


Ketika itu, Kadis Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Samosir Jonson Gultom dalam laporannya menyampaikan, bahwa dana pembangunan GOR ini bersumber dari APBD Kabupaten Samosir TA 2022 dikerjakan oleh Kontraktor Pelaksana CV Fariz Pratama dengan Nilai Kontrak sebesar Rp 8.888.927.000 dan masa pelaksanaan 120 hari kalender.


GOR akan dibangun dengan Tipe B, dilengkapi fasilitas lapangan futsal, bola volli, sepak takraw, bulutangkis, bola basket dan tenis meja.


Ketika dikonfirmasi, Kasubbid Asset Dinas Pendapatan dan Keuangan Pemkab Samosir, Rafael Sitanggang kepada wartawan mengatakan pada pertemuan yang dilaksanakan bulan Juli lalu dengan pihak Tunggul Sihombing disimpulkan mediasi lanjutan.


"Sudah disepakati mediasi lanjutan dengan Bupati Samosir, sembari proses pembangunan berjalan dan menunggu jadwal Bupati," jelasnya. (G2/d)






Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com