Pemkab Sergai-Kemenparekraf Gelar Bimtek Go Digital bagi Pelaku UMKM


656 view
Pemkab Sergai-Kemenparekraf Gelar Bimtek Go Digital bagi Pelaku UMKM
(Foto: Dok/Diskominfo Sergai)
BACAKAN SAMBUTAN:  Sekdakab Sergai, HM Faisal Hasrimy memebacakan sambutan tertulis bupati saat membuka bimtek go digital bagi para pelaku UMKM, Jumat (24/6/2022). 

Sedangkan untuk UMKM, lanjutnya, saat ini jumlahnya di Sergai mencapai 139.155 pelaku yang berasal dari bidang pertanian, perdagangan, jasa dan industri kecil. Hingga saat ini, hanya ada 41 UMKM yang sudah menerapkan go digital. Sedangkan total industri kecil menengah (IKM) di Sergai sebanyak 2.231.

Dan dari jumlah tersebut, hanya 6 IKM yang sudah go digital. Lalu, pelaku ekraf di Sergai berjumlah 78 pelaku usaha dan 20 di antaranya sudah go digital.

Darma Wijaya juga mengatakan pihaknya tetap melakukan pendampingan, karena banyak yang harus dibenahi dalam perkembangan ekraf di Sergai.

Sementara itu, Anggota DPR RI dr Sofyan Tan yang juga menghadiri kegiatan tersebut mengatakan, sekarang banyak orang yang masih muda tapi sudah memiliki aset dan kekayaan yang luar biasa. Zaman sekarang, menurutnya, hal tersebut bukan hal mustahil jika piawai memanfaatkan peluang sektor digital.

Politisi PDI-P ini menyebut, pandemi yang baru saja jadi bencana global, juga punya dampak positif karena memunculkan minat orang untuk lebih mengenal dunia digital.

"Kabupaten Sergai punya banyak potensi, mulai dari alam yang cantik, potensi pariwisata, kuliner yang menarik dan tak kalah penting pemimpin yang baik. Semua hal baik ini perlu mendapat dukungan SDM yang berkualitas. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan memperkuat aspek pengetahuan digitalisasi," katanya.

Usai acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan pemaparan materi bertema "Digital Marketing" yang dibawakan Sujonsen Huan. (*)

Penulis
: Rimpun H Sihombing
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com