Pemkab Sergai Peringati Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

* Pancasila Sebagai Filter Hadapi Tantangan Ideologi Transnasional

108 view
Pemkab Sergai Peringati Hari Lahir Pancasila Secara Virtual
Foto: Dok/Humas Pemkab Sergai
HARI LAHIR PANCASILA: Bupati Sergai Darma Wijaya didampingi Wabup Adlin Umar Yusri Tambunan dan Sekdakab H M Faisal Hasrimy foto bersama unsur Forkopimda lainnya usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021 secara virtual, Selasa (1/6), di aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati, di Seirampah.
Sergai (SIB)
Bupati Serdangbedagai (Sergai) Darma Wijaya didampingi Wabup Adlin Umar Yusri Tambunan mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021 secara virtual, Selasa (1/6), di aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati, di Seirampah.

Upacara yang tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) itu dihadiri, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang, Kajari Donny Haryono Setiawan, perwakilan Dandim 0204/DS, Wakapolres Tebingtinggi AKBP Sarponi, Sekdakab H M Faisal Hasrimy, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat serta unsur lainnya.

Usai upacara virtual, Darma Wijaya menyampaikan, di Hari Lahir Pancasila kali ini bahwa Presiden Joko Widodo telah menekankan Pancasila sebagai dasar yang penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kemudian, kata Bupati, Presiden juga menekankan Pancasila itu sebagai filter guna menghadapi berbagai tantangan ideologi transnasional radikal yang berpotensi mengancam sendi-sendi kehidupan.

"Tadi, Presiden menyatakan, walaupun Pancasila sudah menyatu dalam kehidupan bangsa Indonesia, namun tantangan yang dihadapi bukanlah semakin ringan. Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan," ujarnya.

Selanjutnya perkembangan teknologi, sebut Bupati, juga memiliki peluang untuk dimanfaatkan pihak-pihak tak bertanggungjawab untuk mengkontaminasi setiap segmen kehidupan masyarakat dengan cepat dan hal itu tentunya perlu diantisipasi secara bersama-sama.

Dari kondisi tersebut, Darma Wijaya yang kerap disapa Wiwik itu mengharapkan kepada seluruh warga Serdangbedagai agar mampu "membumikan" Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Dalam menghadapi berbagai tantangan, khususnya pandemi Covid-19, kita semua perlu menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila agar kita memiliki arah yang jelas untuk melaksanakan seluruh usaha yang diperlukan ke depannya," pungkas Bupati. (C4/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com