Pemkab Simalungun Diminta Visioner Tetapkan Kebijakan Layanan Publik


121 view
Pemkab Simalungun Diminta Visioner Tetapkan Kebijakan Layanan Publik
Foto Dok
Timbul Jaya Sibarani SH
Simalungun (SIB)
Pemkab Simalungun diharapkan menyesuaikan dan visioner menetapkan kabijakan publik yang berkaitan dengan RTRW, saat ini revisi terkait hal itu sedang dibahas di DPRD.

Usul revisi RTRW (Rencana Tata Ruang dan Wilayah), menurut Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani SH, Senin (24/5), sudah mendesak dilakukan seiring dengan perubahan kemajuan dan pertumbuhan penduduk.

Perkembangan kemajuan zaman dan laju pertumbuhan penduduk tidak dapat dihempang, justru yang lebih dibutuhkan adalah tanah lokasi tempat berusaha maupun pemukiman.

Pemenuhan kebutuhan tanah lokasi berusaha maupun pemukiman tersebut mempunyai konsekwensi, akan terjadi konversi lahan pertanian sehingga produksi hasil usaha tani dikatakan cenderung menurun, karena luas areal pertanian sudah berkurang.

Misalnya, sepanjang jalan-jalan strategis di Kabupaten Simalungun seperti ruas jalan Pematangsiantar-Tigaras terbilang padat kendaraan yang melintas. Memperhatikan situasi itu, pemilik tanah pertanian yang ada di sisi kiri dan kanan jalan tersebut mungkin tergiur membuka usaha, ingin menambah pendapatan keluarga.

Menyikapi tuntutan kebutuhan peningkatan perekomian masyarakat dan perubahan status tanah yakni dari lahan pertanian menjadi tempat usaha maupun pemukiman harus disahuti dengan bijak dan berimbang. Di sinilah peran Pemkab Simalungun dikatakan harus visioner memberikan layanan publik.

DPRD mendorong program pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan produktivitas usaha tani dalam upaya mempertahankan ketahanan pangan lokal maupun nasional.

Pemerintah juga diharapkan melakukan survey, apabila memungkinkan membuka program pencetakan lahan sawah baru di Kabupaten Simalungun. (BR4/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com