Senin, 20 Mei 2024 WIB

Pemkab Simalungun Gelar Pasar Murah, 15 Ribu Paket Sembako Terjual Selama Dua Bulan

Redaksi - Senin, 09 Januari 2023 17:29 WIB
408 view
Pemkab Simalungun Gelar Pasar Murah, 15 Ribu Paket Sembako Terjual Selama Dua Bulan
Foto : Ist/harianSIB.com
Leo Lopulisa Haloho 
Simalungun (SIB)
Pemerintah Kabupaten Simalungun melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menggelar operasi pasar murah selama dua bulan mulai November hingga akhir Desember 2022.

Kepala Disperindag Simalungun, Leo Lopulisa Haloho, Minggu (8/1) mengatakan, sebanyak 15 ribu paket sembako telah terjual selama operasi pasar murah tersebut.

Paket sembako berisi 1 Kg minyak goreng, 1 Kg gula dan 1 Kg tepung. Harga perpaket Rp 28 ribu. Sementara harga standar di pasaran sekira Rp 45 ribu.

Pada tahun 2023 ini, katanya, diprogramkan juga penerapan tera baru dan ulang (tanda uji pada alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP) yang dipakai dalam perdagangan).

Disperindag Simalungun akan melakukan sejumlah lompatan besar. Selain penerapan tera baru, dicanangkan juga pembangunan sentra pengolahan jagung, di Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun.

Menurut Leo, dibangunnya sentra pengolahan jagung adalah untuk memudahkan petani dalam pemasaran produk jagung dan menjamin kepastian harga. [br]





"Kami juga akan menginisiasi 100 IKM (Industri Kecil Menengah) dan 26 TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) agar memiliki sertifikasi label halal," urainya, seperti dilansir dari harianSIB.com.

Disperindag akan terus mendorong dan memfasilitas IKM agar memiliki sertifikasi halal. Sertifikasi halal menjadi bukti bahwa produk yang diperjualbelikan memenuhi syarat sesuai fatwa MUI, sehingga mendatangkan profit bagi pengusaha dan kenyamanan untuk konsumen.

Program lainnya yang akan dilaksanakan Disperindag pada tahun ini yaitu pemanfaatan rest area dan resi gudang yang berada di Kecamatan Purba, dikerjasamakan dengan pihak ketiga.

Kemudian, memprogramkan pengembangan sentra produksi madu dan Rumah Kemasan IKM di Raya Usang yang bakal dijadikan sebagai Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD). (SS15/a)




Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Peringati Harkitnas, Sekda Simalungun Bacakan Pidato Menkominfo
Toko Ramos di Silangit Terbakar
Pemkab Simalungun Segera Bangun Jembatan Penghubung Nagori Nauli Baru dan Janggir Letto
Mangapul Purba Minta Pemkab Simalungun Bangun Jembatan Nagori Nauli Baru dan Janggir Letto Putus
Pemkab Simalungun akan Gelar Sidang Isbat Nikah Terpadu
Pemkab Simalungun Salurkan Bantuan 932 Unit Alat Produksi untuk Pelaku UMKM
komentar
beritaTerbaru