Pemkab Simalungun Selenggarakan Konsultasi Publik RDTR Kota Perdagangan


294 view
Pemkab Simalungun Selenggarakan Konsultasi Publik RDTR Kota Perdagangan
Net/harianSIB.com
Ilustrasi Rencana Rinci Tata Ruang atau Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

Simalungun (SIB)

Pemkab Simalungun melalui Dinas Penataan Ruang dan Pengelolaan Sumber Daya Air menyelenggarakan kegiatan Konsultasi Publik Pembuatan Rencana Rinci Tata Ruang atau Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Kota Perdagangan, Kecamatan Bandar. Kegiatan diadakan di Aula Hotel Star Park Perdagangan, Jumat (25/11).


Kegiatan tersebut, dihadiri Asisten II Pemerintah Kabupaten Simalungun Ramadhani Purba mewakili Bupati Simalungun, Kepala Dinas Penataan Ruang dan Pengelolaan Sumber Daya Air Kabupaten Simalungun Jamadin Purba, Nurindah Febriani Tim Konsultan RDTR Kabupaten Simalungun, Camat Bandar Ir Sastro Tamba, Camat Bosar Maligas Rosmardia Purba, Lurah dan Pangulu Kacamatan Bandar dan Bosar Maligas serta para Tokoh Masyarakat.


Ramadhani Purba pada kata sambutannya, sekaligus membuka kegiatan itu mengatakan, sesuai arahan Bupati Simalungun agar peserta dapat memberi masukan untuk dijadikan Rencana Detail Tata Ruang Kota Perdagangan, sehingga kedepannya dapat menjadi dasar dalam pembangunan berkelanjutan, penyempurnaan kebijakan untuk meminimalisir dampak lingkungan, ucapnya.


Jamadin mengatakan, sesuai apa yang dikatakan Asisten II Kabupaten Simalungun, dengan adanya kegiatan konsultasi publik RDTR ini, masalah ijin bisa terperinci peruntukkannya, bila tidak sesuai peruntukan tidak diberi ijin.


Dan disaat inilah, pengusulan RDTR yang baru sesuai kebutuhan didaerah Kota Perdagangan untuk dimasukkan kedalam RDTR Kabupaten Simalungun.


Dan juga kegiatan ini juga untuk membantu perkembangan Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei, ucapnya.


Tim Konsultan RDTR Nurindah Febriani menjelaskan, tujuan RDTR adalah membahas pola ruang, rencana jaringan sarana dan prasarana, ketentuan pemanfaatan ruang dan peraturan zonasi atau batas.


Sehingga kedepannya dengan adanya perkembangan, daerah berkembang dapat menampung perkembangan tersebut, sehingga kedepan masyarakat yang bermukim dapat merasa aman dan nyaman, ucapnya. (D6/d)




Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com