Rabu, 19 Juni 2024 WIB

Pemkab Simalungun akan Minta Kontraktor Perbaiki Daerah Irigasi Tigabalata yang Ambruk

Redaksi - Rabu, 08 Maret 2023 18:09 WIB
192 view
Pemkab Simalungun akan Minta Kontraktor Perbaiki Daerah Irigasi Tigabalata yang Ambruk
Foto: SIB/Linggom Parhusip
AMBRUK: Belum setahun selesai dibangun, puluhan meter tembok penahan saluran DI Tigabalata Ujung Raja, Kecamatan Jorlanghataran, Simalungun ambruk, Minggu (5/3). 
Simalungun (SIB)
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melalui Dinas Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) akan mengecek langsung penyebab ambruknya tembok saluran Daerah Irigasi (DI) Induk Tigabalata Ujung Raja, Kelurahan Tigabalata, Kecamatan Jorlanghataran.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas PSDA Simalungun, Djamahaean Purba kepada wartawan, Selasa (7/3), menanggapi berita SIB berjudul "Belum setahun, jaringan irigasi induk di Tigabalata Ambruk.

Sebagaimana diketahui, tembok saluran Daerah Irigasi Induk Tigabalata yang bersumber dari APBD Simalungun 2022 berbiaya Rp 199.457.000, saat ini sudah ambruk.

Menurut informasi dari warga, bangunan irigasi tersebut baru selesai kerjakan akhir Desember 2022, namun, sudah ambruk diduga akibat mutu bangunan tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB).

Saluran DI Tigabalata berfungsi untuk mengairi ratusan hektare persawahaan di Tigabalata hingga ke Kecamatan Tanah Jawa Simalungun.

Djamahaean mengatakan, akan meminta pihak kontraktornya untuk memperbaiki jaringan irigasi yang ambruk tersebut karena masih ada jangka waktu 6 bulan masa pemeliharaan.

"Kita akan cek ke lokasi. Nanti, kita minta kontraktornya agar memperbaiki. Masa pemeliharaan 6 bulan," urainya, seperti dilansir dari harianSIB.com.

Sebelumnya, pada plang proyek tertera Dinas Penataan Ruang dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kabupaten Simalungun dengan jenis kegiatan pengembangan dan pengelolaan sistem saluran irigasi primer dan sekunder seluas di bawah 1.000 hektare, jenis pekerjaan rehabilitasi jaringan irigasi DI Tigabalata Ujung Raja Kecamatan Jorlanghataran. (SS13/c)





Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Satpol PP Simalungun Robohkan Bangunan Kolam Renang Terere
Pemkab Simalungun Dapat Penghargaan Nominasi TPID Berprestasi 2024
Pemkab Simalungun Gelar Lomba Marathon
Setelah 18 Tahun, Pemkab Simalungun Akhirnya Raih WTP Atas Laporan Keuangan 2023
Peringati Harkitnas, Sekda Simalungun Bacakan Pidato Menkominfo
Pemkab Simalungun Segera Bangun Jembatan Penghubung Nagori Nauli Baru dan Janggir Letto
komentar
beritaTerbaru