Pemkab Toba Kunker ke Deliserdang Terkait Penanganan Stunting


231 view
Pemkab Toba Kunker ke Deliserdang Terkait Penanganan Stunting
(Foto: Dok/Kominfo)
CINDERAMATA: Mewakil Bupati Deliserdang, Asisten I Citra E Capah (4 kanan) bersama Kepala Bappeda Litbang Remus H Pardede (3 kanan), Kadis Kesehatan dr Ade Budi (2 kanan) menerima cinderamata dari Kepala Bappeda Litbang Toba Sofian Sitorus bersama Kepala Dinas Kesehatan Juliawan Hutapea, Kepala Dinas P3AP2KB Delima Sihite, di Lubukpakam, Jumat (22/4/2022). 

Lubukpakam (harianSIB.com)

Bupati Deliserdang diwakili Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Citra Effendi Capah menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba, di Kantor Bupati Lubukpakam, Jumat (22/4/2022). Kunjungan kerja tersebut bertujuan untuk penyusunan rencana kegiatan penanggulangan percepatan stunting dalam 8 aksi.


Jurnalis Koran SIB Jekson Turnip melaporkan, Citra Effendi mengatakan penanganan stunting di Deliserdang masuk kategori baik.


"Peranan pencegahan penanggulangan stunting adalah salah satu fungsi dari pemerintah. Sebenarnya sudah dilakukan secara maksimal. Saya yakin stunting ini akan ada penurunan," ujar mantan Kadis PMD Deliserdang itu.


Beberapa fungsi pemerintah daerah dalam menangani persoalan stunting, katanya, pertama fungsi perlindungan. "Untuk melindungi masyarakat mulai dari kandungan sampai anak umur dua tahun perlu pengawasan ketat, karena lewat dari dua tahun tidak akan muncul stunting," katanya.


Kedua, fungsi pembangunan yaitu salah satu terjadinya stunting tentu disebabkan adanya kekurangan pembangunan infrastruktur, seperti sanitasi dan kesehatan lingkungan.


Ketiga, fungsi regulasi atau peraturan. Dari Pemerintah Kabupaten Deliserdang dalam penanganan stunting melibatkan sejumlah OPD terkait. Satu sinergi dalam penanggulangan stunting.


"Fungsi keempat adalah fungsi pemberdayaan. Kepada masyarakat biar ada rasa memiliki dan turut serta. Kalau hanya pemerintah yang bekerja, masyarakat tidak muncul, maka tidak akan jalan. Terakhir, fungsi pelayanan dari pemerintah untuk melayani warganya," papar mantan Camat Lubukpakam, Delitua dan Galang tersebut.


Turut hadir dari Pemerintah Kabupaten Toba, Kepala Bappeda Litbang Sofian Sitorus, Kepala Dinas Kesehatan Juliawan Hutapea, Kepala Dinas P3AP2KB Delima Sihite.


Dari Pemkab Deliserdang yaitu, Kepala Bappeda Litbang, Remus Hasiholan Pardede, Kepala Dinas Kesehatan Ade Budi Krista, Kepala Dinas P3AP2KB Era Permata Sari, Kabag Kesejahteraan Rakyat Mukti Ali Harahap. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com