Pemko Binjai Komit Sukseskan PPKM, Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19


98 view
Pemko Binjai Komit Sukseskan PPKM, Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19
FOTO ANTARA/HO
Wali Kota Binjai Amir Hamzah mengikuti virtual komitmen atasi penyebaran COVID-19 dengan Menko Bidang Perekonomian
Binjai (SIB)
Pemerintah Kota Binjai komit menyukseskan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro sebagai upaya menurunkan serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Hal itu disampaikan Wali Kota Binjai Drs H Amir Hamzah MAP usai mengikuti rapat koordinasi nasional terkait evaluasi Perkembangan Pelaksanaan PPKM skala mikro tahap X secara virtual bertempat di BCC (Binjai Command Center), Senin (14/6) malam.

Rapat koordinasi diikuti seluruh kepala daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota se-Indonesia melalui virtual.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pelaksanaan PPKM mikro tahap 10 dimulai sejak 15 Juni sampai 28 Juni 2021.

Menurutnya, tren peningkatan kasus Covid-19 perlu segera dikendalikan agar tidak mengganggu upaya pemulihan ekonomi, sehingga perlu penguatan kerjasama antara pusat dan daerah.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian dalam paparannya mengintruksikan kepada seluruh kepala daerah untuk membuat turunan Surat Edaran dari Instruksi Mendagri sesuai dengan perkembangan kasus Covid-19 di daerahnya masing-masing.

"Mohon segera menggelar rapat lanjutan bersama Forkopimda, untuk membahas strategi dan langkah-langkah tepat yang harus dilaksanakan," ucapnya.

Lanjutnya, Kasatgas Covid-19 sekaligus Kepala BNPB Ganip Warsito mengevaluasi bahwa besar jumlah posko yang dibentuk belum linear dengan penurunan jumlah kasus dan perlu intensifikasi di antaranya adalah pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung.

Menurutnya, pembentukan posko yang dibarengi dengan optimalisasi fungsi posko berhasil menurunkan tren angka kasus.

"Adapun 5 saran yang harus ditindaklanjuti di antaranya sumber daya operasionalisasi giat penanganan Covid-19, penguatan tracing dan tracking, monitoring dan supervisi aktif dari Pemda, rakor rutin dan kolaborasi sinergis dan terakhir adalah pengawalan soliditas dari unsur posko.

Turut mendampingi Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutarjo, Dandim 02-03 lkt Letkol Inf Joko Wisnu Saputro, Kadis Kesehatan Dr Sugianto SPOG dan OPD lainnya. (A6/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com