Rabu, 12 Juni 2024 WIB

Pemko Medan Diminta Tambah CCTV di Kawasan Rawan Begal

Redaksi - Kamis, 02 Februari 2023 10:55 WIB
298 view
Pemko Medan Diminta Tambah CCTV di Kawasan Rawan Begal
Foto : Shutterstock
Ilustrasi
Medan (SIB)
Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting meminta kepada Pemko Medan untuk menambah jumlah CCTV di lokasi atau kawasan yang rawan aksi begal maupun kejahatan jalanan, demi terciptanya rasa aman bagi masyarakat sekaligus menekan angka kejahatan.

Hal itu disampaikan Baskami Ginting di acara Sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang "Ketentraman Masyarakat dan Ketertiban Umum" Rabu (1/2) di Jalan Bajak 1, Kelurahan Harjosari 2, Kecamatan Medan Amplas.

"Kita sudah lelah dengan aksi begal yang marak terjadi di Kota Medan dan kerap pelakunya tidak tertangkap, sehingga kita usulkan kepada Pemko Medan untuk menambah kamera CCTV di berbagai titik yang rawan kejahatan jalanan atau begal," ujarnya.

Dijelaskan Baskami, semenjak Pemko Medan memasang CCTV di berbagai sudut di Kota Medan, para pelaku aksi kriminal langsung bisa terekam kamera, sehingga memudahkan aparat kepolisian melakukan pelacakan dan penangkapan pelakunya.

"Ini artinya, kita harus berupaya meningkatkan pengawasan jarak jauh melalui kamera CCTV ini sekaligus memperkuat d command center yang bekerja 24 jam yang mengawal berbagai titik rawan di Kota Medan," tambahnya. [br]



Sementara itu, seorang warga Harjosari 2, Kecamatan Medan Amplas, Boru Sinaga mengatakan, dirinya dan keluarga, pernah menjadi korban kejahatan pencurian dan pelakunya dilibatkan beberapa ibu-ibu, dengan modus pengalihan perhatian pemilik rumah.

"Kami pernah didatangi beberapa orang mamak-mamak.

Mereka modusnya mengalihkan perhatian yang punya rumah. Bila di rumah itu penjahit, mereka pura-pura mau menjahit. Saat pemilik rumah lengah, semua barang diambilnya. Modus seperti ini perlu diwaspadai," katanya.

Jika di kawasan itu ada dipasang CCTV, katanya, dipastikan para pelakunya bisa tertangkap, sehingga besar harapan masyarakat di lingkungan tersebut, dipasang CCTV, agar bisa terekam para pelakunya di kamera.(A4/d)



Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pemko Medan Lakukan Gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting
Ombudsman RI Lakukan Kajian JPS Bagi Tenaga Kerja Informal di Medan
Pemko Medan Ambil Alih Pengelolaan Pasar Petisah II
Pemko Medan Berencana Operasikan 60 Unit Bus Listrik, Sopir Angkot Tak Ambil Pusing Lagi
Pemko Medan Gelar Rapat Persiapan Idul Adha 1445 H dan Hari Jadi ke-434 Kota Medan
Beredar Rekaman CCTV Detik-Detik Vina Cirebon Dibunuh, Ahli Forensi Terkejut
komentar
beritaTerbaru