Pemko Medan Siapkan Fasilitas Unregister untuk Warga Berobat


99 view
Pemko Medan Siapkan Fasilitas Unregister untuk Warga Berobat
Foto SIB/Desra Gurusinga
Sampaikan : Anggota DPRD Medan Johannes H Hutagalung menyampaikan fasilitas kesehatan kepada masyarakat saat menggelar Sosialisasi X Perda No.4 Tahun 2012 di Jalan Starban (Lapangan Baronet) Lingkungan 10 Kelurahan Polonia Kecamatan Medan Polonia, Senin sore (11/10/2021).
Medan (harianSIB.com)

Saat ini Pemko Medan sudah menyediakan fasilitas kesehatan kepada masyarakat yang tidak memiliki BPJS, yaitu fasilitas unregister di beberapa rumah sakit. Warga yang tidak memiliki BPJS bisa memanfaatkannya untuk berobat, walaupun pengurusannya agak lama.

“Warga bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk berobat, apalagi yang kurang mampu,” ujar anggota DPRD Medan Johannes H Hutagalung SSos kepada ratusan warga saat menggelar Sosialisasi X Perda No.4 Tahun 2021 tentang Sistem Kesehatan Kota Medan, Senin sore (11/10/2021) di Jalan Starban (Lapangan Baronet) Lingkungan 10 Kelurahan Polonia Kecamatan Medan Polonia yang dihadiri camat, lurah, para Kepling dan perwakilan RS Advent termasuk jurnalis Koran SIB Desra.

Dalam kesempatan itu, warga Starban Gang Bilal Devi menyebutkan, keluarganya selama ini memiliki BPJS Ketenagakerjaan dari PTPN. Namun karena Covid-19, suaminya diberhentikan. Otomatis BPJS miliknya juga terhenti. Devi mempertanyakan cara mendapatkan BPJS gratis (BPJS PBI), sebagai ganti miliknya selama ini. Sementara, sudah beberapa kali diusulkan ke aparat pemerintahan, tidak juga terealisasi.

Sedangkan Novita mempertanyakan jangka waktu BPJS gratis miliknya. Kalau sudah habis jangka waktunya, bagaimana cara memperpanjangnya.

Sementara warga lain memohon agar dibuat jembatan penghubung ke Padang Bulan agar tidak jauh memutar dari Mongonsidi.

Menanggapi itu, Camat Medan Polonia menyebutkan,saat ini belum bisa dibuatkan jembatan, karena belum ada jalan ke sana. Nanti saat Musrenbang, pihaknya akan mengusulkan pembuatan jalan dan pengadaan jembatan.

Sedangkan Johannes yang juga merupakan politisi PDI Perjuangan itu menyebutkan, kalau warga tidak mampu untuk berobat, sebaiknya meminta surat tidak mampu dari pemerintah.

Pada dasarnya, pemerintah bertanggungjawab atas kesehatan masyarakat sehingga terciptalah Perda ini. “Jadi jangan takut untuk berobat, karena pemerintah siap membantu warganya dalam mendapatkan fasilitas kesehatan,” pungkasnya. (*)

Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com