Pemko P Siantar Diminta Sosialisasikan Plastik Berbayar


206 view
Pematangsiantar (SIB)-  Kepala Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar dr Ronald H Saragih mengatakan perlunya meningkatkan sosialisasi dan pemahaman untuk mengurangi pemakaian plastik kepada masyarakat.

Hal tersebut diungkapkannya kepada SIB,Jumat (18/3). Menurutnya pemerintah pusat maupun daerah hendaknya harus lebih mensosialisasikan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang plastik baik penggunaannya maupun dampaknya. “Namun bukan masalah harga maupun pemberlakuan plastik berbayar yang mulai diberlakukan di Kota Pematangsiantar. Jangan hanya fokus plastik berbayar Rp 200.

Masih banyak masyarakat yang kurang memahami pemakaian plastik serta dampaknya. Hendaknya hal tersebut harus menjadi pusat perhatian yang paling utama”, kata dr Ronald Saragih. Pusat perbelanjaan maupun pelaku bisnis hendaknya juga bisa memberikan pemahaman kepada konsumen yang berbelanja, sehingga bukan hanya fokus untuk mencari keuntungan belaka.

Masyarakat hendaknya diberikan pemahaman sehingga secara bertahap akan dapat mengerti dan menerimanya. Sementara itu pelaku bisnis Tjaw Kim mengungkapkan pemberlakuan plastik berbayar belumlah bisa memasuki pasar-pasar tradisonal.Karena misalnya saat akan berbelanja ikan basah , tidak mungkin ikan yang dibeli dipegang.

Mengingat saat ini sudah tidak ada pemakaian daun sebagai pembungkus ikan basah tersebut. Hendaknyahal-hal seperti itu menjadi perhatian . Hendaknya Pemerintah kota Pematangsiantar terlebih dahulu memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat baru diberlakukan plastik berbayar. (C03/c)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com