Pemko Tebingtinggi Jalin Komunikasi Kerja Sama Pengelolaan Limbah dan Sampah dengan Korea


133 view
Pemko Tebingtinggi Jalin Komunikasi Kerja Sama Pengelolaan Limbah dan Sampah dengan Korea
Foto; Dok/Kominfo
PERTEMUAN: Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan melakukan pertemuan virtual dengan perwakilan Kotra, Rabu (6/10/2021).
Tebingtinggi (harianSIB.com)

Pemerintah Kota (Pemko) Tebingtinggi menjajaki kerja sama dengan Korea Trade Investment-Promotion Agency (Kotra). Hal itu dilakukan dalam pertemuan secara virtual antara Wali Kota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan dengan perwakilan Kotra Mrs Shang, Rabu (6/10/2021).

Adapun kerja sama yang dijajaki adalah proyek investasi di kota, khususnya untuk pengelolaan sampah, limbah air ataupun proyek terkait lingkungan lainnya.

Menurut Umar, business matching ini nantinya memberikan kesempatan kepada para calon investor dari Korea untuk mendapatkan pemahaman mengenai proyek-proyek dimaksud dan membuat keputusan untuk menanamkan modalnya.

Sementara itu, Mrs Shang mengatakan untuk Tebingtinggi, Kotra akan menjajaki kerja sama dalam bidang pengolahan limbah sampah menjadi bahan bakar (briket).

Bahan bakar dari sampah yang diolah akan menghasilkan senyawa sejenis briket yang mampu menjadi subtitusi batu bara. Ke depan dengan adanya briket ini maka bisa mensubtitusi ketergantungan dari batu bara.

Sedangkan perwakilan Daeng Hae, Co.Ltd, Mr Simon menjajaki kerja sama dalam penanganan pengolahan limbah air.

"Semua air yang dibuang (limbah air) dikumpulkan di dalam IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah), disaring dan ditampung di produk. Produk yang kami tawarkan, tidak ada kebocoran dan mencegah terjadi kebocoran. Nanti coba Bapak (Wali Kota) pelajari produk kami. Ini bisa menghemat biaya," ujarnya.

Umar berharap kedua perusahaan Korea tersebut dapat melakukan kunjungan ke Tebingtinggi melihat kondisi real dan meninjau lokasi

"Kami ucap terima kasih atas presentasi yang disampaikan dan kami harap dilanjutkan dengan koresponden melalui e-mail. Dan kalau ada kunjungan ke Provinsi Sumatera Utara, supaya singgah ke Tebingtinggi untuk meninjau lokasi," kata Umar.

Turut hadir pada pertemuan virtual itu, Kadis Lingkungan Hidup Hasbie Ashshiddiqi, Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, Plt Kadis PUPR Reza Aghista, Kepala DPMPPTSP Surya Darma, Direktur RS Kumpulan Pane dr Johnly Boelian Dachban (*)

Penulis
: Japet Arki Bangun
Editor
: Robert/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com