Pemko Tebingtinggi Raih Terbaik ke -2 Program I-SIM For Cities 2022

* Juga Terima Penghargaan Gerakan Menuju Smart City

166 view
Pemko Tebingtinggi Raih Terbaik ke -2 Program I-SIM For Cities 2022
(Foto: Dok/Dinas Kominfo Tebingtinggi)
TERIMA: Pj Wali Kota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi SSos MTP menerima penghargaan Kota TerbIm ke-2 Program I-SIM For Citiies 2022 yang diberikan oleh PT Surveyor Indonesia, APEKSI dan Kementerian PPN/Bappenas Sekretariat Nasional SDGs, Kamis (1/12) di Hotel Sultan Jakarta. 

Tebingtinggi (SIB)

Pj Wali Kota Muhammad Dimiyathi SSos MTP menerima penghargaan atas terpilihnya Tebingtinggi sebagai Kota Terbaik ke-2 dari 74 Kota yang terdaftar dalam program "Integrated Sustainability Indonesia Movement (I-SIM) For Cities Tahun 2022" yang diberikan PT Surveyor Indonesia, APEKSI dan Kementerian PPN/Bappenas Sekretariat Nasional SDGs.


Penghargaan ini diberikan saat acara Konferensi Tahunan SDGs Indonesia Tahun 2022 (SDGs Annual Conference 2022) yang dilaksanakan di Hotel Sultan Jakarta selama 2 hari, 1 -2 Desember 2022.


Pj Wali Kota Tebingtinggi mengatakan, penghargaan ini merupakan hasil kerja sama dari semua pihak yang ikut berkontribusi bagi Kota Tebingtinggi.


"Saat ini terjadi paradigma baru, dimana pembangunan harus berkelanjutan, berkesinambungan dan berkeadilan yang tentu akan menciptakan kondisi terbaik di masa yang akan datang, "Penghargaan yang kita terima ini, menjadi bukti bahwa Pemko Tebingtinggi bersama seluruh stakeholder turut memberikan sumbangsih besar untuk memajukan pertumbuhan ekonomi dan mengentaskan kemiskinan di Tebingtinggi," jelas Pj Wali Kota.


Pj Wali Kota mengimbau agar pemberdayaan UMKM dan juga inovasi pelayanan publik yang telah dilakukan agar terus ditingkatkan.


"Penghargaan ini, harus menjadi amanat bagi Pemko Tebingtinggi bersama seluruh stakeholder untuk terus meningkatkan Inovasi Pelayanan Publik dan juga pemberdayaan UMKM yang telah kita lakukan selama ini sehingga mampu meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat," tutup Pj Wali Kota.


Pada program I-SIM 2022 ini, Pemko Tebingtinggi menyajikan program unggulan "Eco UKM untuk Tebingtinggi Sejahtera" yang mengulas berbagai produk unggulan UMKM yang berbasis ramah lingkungan di Kota Tebingtinggi dan juga program inovasi pelayanan publik di Pemko Tebingtinggi.


I-SIM for Cities merupakan kolaborasi PT Surveyor Indonesia, Apeksi dan Kementerian PPN/Bappenas Sekretariat Nasional SDGs yang membuat gerakan inisiatif untuk meningkatkan integrasi, sinergi dan kolaborasi multistakeholders dalam ekosistem pembangunan berkelanjutan di Indonesia sebagai upaya untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TBP) atau Sustainable Developnent Goals (SDGs) sejalan dengan Peraturan Presiden No 59 Tahun 2017.


Turut mendampingi Pj Wali Kota Tebingtinggi, Kepala Bappeda Kota Tebingtinggi Erwin Suheri Damanik, Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian SSTP MSi, Kadis PUPR Reza Aghista ST MSi, Kabag Pemerintahan Setdako Tebingtinggi Ramdhan Barqah Pulungan SSIP MSi, Kabag Protokol Nur Azizah Rangkuti SS.


Smart city

Sementara itu Pj Wali Kota Muhammad Dimiyathi kembali meraih penghargaan atas keberhasilan Pemko Tebingtinggi menjadi salah satu dari 50 Kabupaten/Kota yang telah menyelesaikan Program Masterplan Smart City.


Penyerahan penghargaan ini menjadi bagian dalam rangkaian acara Pameran dan Seminar Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) 2022 yang digelar di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Kamis (1/12).


Dengan mengusung tema "Recover Together, Recover Stronger" acara ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi berbasis digital yang kolaboratif, inklusif dan berkelanjutan.


Pj Wali Kota mengatakan, program Smart City ini harus dapat menghasilkan sistem pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.


"Smart City merupakan sebuah konsep kota pintar yang diharapkan mampu membantu masyarakat dalam pengelolaan sumber daya yang ada. Pemko Tebingtinggi telah berhasil menyelesaikan Program Masterplan Smart City ini, tugas kita selanjutnya harus dapat merealisasikan program yang sudah direncanakan ini untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat," ujar Pj Wali Kota.


Pameran dan Seminar Gerakan Menuju Smart City Tahun 2022 digelar Kementerian Kominfo RI selama 2 hari dilakukan untuk membahas perkembangan Smart City di Indonesia saat ini dan mengidentifikasi permasalahan dan strategi percepatan yang harus dilakukan serta keberhasilan Smart City dalam situasi luar biasa seperti pandemi dan lainnya.


Turut hadir pada acara ini Kadis Kominfo Kota Tebingtinggi Dedi Parulian Siagian SSTP MSi, Kabid Aptika Diskominfo Muhammad Furqon Syahputra SSTP MSi, Kabag Pemerintahan Setdako Tebingtinggi Ramadhan Barqah Pulungan SSIP MSi, Kabag Protokol Nur Azizah Rangkuti SS dan Pranata Komputer Diskominfo Tebingtinggi Dedi Saputra SKom. (BR3/a)




Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com